PENGARUH PERCEIVED VALUE TERHADAP PURCHASE INTENTION LIVESTREAM SHOPPING LAYANAN SHOPEE LIVE DENGAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI MEDIATOR

MARSCHAL ABRAR SANDHI YUDHA

Informasi Dasar

301 kali
23.04.2961
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Adanya pandemi COVID-19 membuat masyarakat Indonesia untuk terbiasa melakukan aktivitas dari rumah. Dengan meredanya pandemi COVID-19 di Indonesia pada tahun 2022 membuat kegiatan ekonomi dan kegiatan lain sudah dapat dilakukan di luar seperti pada umumnya. Shopee yang merupakan e-commerce mulai mengalami penurunan jumlah order di Indonesia maupun di Asia Tenggara. Shopee melalui fitur Shopee Live yang termasuk dalam livestreaming shopping dikatakan dapat menarik minat beli dari konsumen lebih tinggi dari cara penjualan seperti biasa. Dalam beberapa literatur yang mengkaji terkait livestreaming, disebutkan dalam livestreaming shopping konsumen dapat merasakan perceived value berupa nilai hedonis, sosial dan utilitarian. Adanya fenomena tersebut penelitian yang dilakukan saat ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh konsumen perceived value yang terdiri dari financial, functional, individual, dan social value terhadap purchase intention layanan Shopee Live dengan mediasi customer engagement. Hasil dari penelitian menunjukkan tidak seluruh variabel perceived value signifikan terhadap purchase intention. Ditemukan financial, functional, individual value saja yang signifikan terhadap minat beli. Selain itu juga dampak mediasi dari customer engagement yang diteliti dalam penelitian hanya memediasi variabel perceived individual value dan perceive social value. Sehingga penulis menyarankan bagi toko yang melakukan livestreaming sebaiknya memperhatikan atau meningkatkan nilai-nilai tersebut untuk mempromosikan produk yang mereka tawarkan.

Kata kunci : Shopee Live, keterlibatan konsumen, minat beli, persepsi nilai sosial, persepsi nilai fungsional, persepsi nilai finansial, persepsi nilai individu.

Subjek

CONSUMER SATISFACTION
 

Katalog

PENGARUH PERCEIVED VALUE TERHADAP PURCHASE INTENTION LIVESTREAM SHOPPING LAYANAN SHOPEE LIVE DENGAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI MEDIATOR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MARSCHAL ABRAR SANDHI YUDHA
Perorangan
Adhi Prasetio
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini