APLIKASI VISUALISASI RUANGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS GEDUNG TOKONG NANAS DAN GEDUNG SELARU UNIVERSITAS TELKOM)

ARUNG SAGARA ANARKI BATU BARA

Informasi Dasar

98 kali
23.06.399
005.12
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Okupansi memiliki arti yang bermacam-macam. Arti okupansi adalah pemilikan, penghunian, atau penempatan atas suatu lahan atau wilayah. Di dalam kegiatan perkuliahan, ruangan pada suatu gedung yang digunakan memiliki okupansi yang berbeda. Sehingga setiap civitas akademika harus mengetahui apakah ruangan yang akan digunakan mencukupi atau melebihi okupansi ruangan tersebut. Dengan perkembangan teknologi pada saat ini dapat diterapkan teknologi Augmented Reality (AR) yang menggabungkan objek maya dan dihasilkan oleh komputer dengan benda yang ada dilingkungan sekitar dalam waktu yang nyata, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan dunia maya dan mendapatkan informasi baru. Adanya AR ini diharapkan dapat memudahkan civitas akademika mendapatkan informasi okupansi ruangan dalam waktu yang nyata. Dengan adanya permasalahan itu diperlukan aplikasi untuk memberitahu civitas akademika di smartphone untuk memberi informasi okupansi ruangan kepada civitas akademika, khususnya pada Gedung Tokong Nanas dan Gedung Selaru di Universitas Telkom. Pembuatan Aplikasi menggunakan software Unity dengan menggunakan bantuan Vuforia SDK sebagai pemindai sehingga pengguna dapat berinteraksi. Objek 3 dimensi dikerjakan menggunakan software Blender yang merupakan aplikasi Open Source dan Adobe Illustrator untuk merancang User Interface aplikasi. Untuk database digunakan Firebase Real Time Database yang dapat menyimpan data kapasitas ruangan secaral real time. Dari hasil pengujian yang dilakukan berdasarkan jarak optimal kamera terhadap marker adalah 30cm, serta delay pengiriman data dari real time database paling kecil adalah 0 detik dan berdasarkan hasil pengujian subyektif terhadap civitas akademika didapatkan dari skala 1 hingga 5 mendapatkan hasil kategori baik dengan tampilan yang menarik dan fungsi fitur yang 100% berjalan lancar. Sehingga disimpulkan aplikasi visualisasi okupansi ini dapat digunakan pada masa perkuliahan.

Subjek

APPLICATION SOFTWARE
APPLICATION SOFTWARE-DESIGN,

Katalog

APLIKASI VISUALISASI RUANGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS GEDUNG TOKONG NANAS DAN GEDUNG SELARU UNIVERSITAS TELKOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARUNG SAGARA ANARKI BATU BARA
Perorangan
Rohmat Tulloh, Dadan Nur Ramadan
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • DTH3E2 - BENGKEL JARINGAN DAN MULTIMEDIA
  • DTH2I3 - DASAR KOMUNIKASI MULTIMEDIA
  • DTH3G4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini