Media Sosial Instagram merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk memberikan informasi dan melakukan komunikasi dua arah dengan sesama pengguna. Terdapat fitur-fitur yang dapat digunakan dalam media sosial Instagram diantaranya adalah hashtag, geotag, follow, share, like, komentar dan mention. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur berapa besar pengaruh penggunaan media sosial Instagram @Jaklingkoindonesia terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pengguna Jaklingko di DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji koefisien korelasi, uji koefiesien determinasi dan analisis regresi linear sederhana. Hasil uji koefisien korelasi sebesar 0,884 sehingga dapat disimpulkan variabel media sosial Instagram dan variabel kebutuhan informasi memiliki hubungan yang sangat kuat. Selain itu ditemukan adanya besaran pengaruh variabel media sosial Instagram @jaklingkoindonesia terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pengguna Jaklingko adalah 78,2% sedangkan 21,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Analisis regresi linear sederhana memberikan hasil yaitu setiap kenaikan satu satuan pada variabel Instagram @jaklingkoindonesia akan memberikan pengaruh kenaikan sebesar 0.486 pada variabel kebutuhan informasi pengguna Jaklingko. Dibuktikan melalui penelitian ini bahwa variabel X yaitu media sosial Instagram @jaklingkoindonesia memperoleh hasil signifikan positif terhadap variabel Y yaitu kebutuhan informasi pengguna Jaklingko.
Kata Kunci: Penggunaan Media Sosial, Instagram, Kebutuhan Informasi, Jaklingko, DKI Jakarta