Strategi Business Model Canvas untuk Meningkatkan Penjualan Produk Fashion Dama Kara

SETIA GALUH SANTOSO

Informasi Dasar

205 kali
23.05.163
658.401 2
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Penulisan tesis ini berfokus mengenai peran analisis SWOT dalam merumuskan strategi Business Model Canvas (BMC) Dama Kara, sebuah brand fashion di Bandung, yang mengalami kesulitan dalam memasarkan salah satu produknya. Ditelaah lebih lanjut, penyebabnya adalah adanya kekhawatiran persepsi negatif yang terbentuk di benak masyarakat terkait dengan salah satu produknya, yang dimana Dama Kara mempekerjakan sekaligus memberdayakan penyandang autis untuk bisa berkarya, yang bisa mempengaruhi penjualannya. Disinyalir hal tersebut berbanding lurus dengan belum maksimalnya strategi BMC, dimana perumusan BMC dapat membantu menciptakan produk yang bernilai bagi customer yang akan disampaikan dalam bentuk kampanye khusus. Perumusan strategi diawali dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan untuk mengetahui situasi perusahaan secara saksama. Metode yang dipakai untuk mengumpulkan berbagai data yang diperlukan adalah kualitatif, yang didapat melalui studi literatur, observasi, dan wawancara terstruktur dengan pihak Dama Kara. Analisis lingkungan internal dilakukan dengan pendekatan IFAS (Internal Factors Analysis Summary). Sedangkan analisis lingkungan eksternal menggunakan analisis EFAS (External Factors Analysis Summary). Temuan dalam penelitian ini mencakup pembobotan SWOT dengan pendekatan IFAS & EFAS untuk terciptanya berbagai variabel yang nantinya akan dimasukkan ke dalam 9 blok BMC. Hasilnya adalah Dama Kara perlu melakukan strategi forward integration strategy, tepatnya membutuhkan kampanye konten melalui digital ads, dimana untuk konten yang akan diiklankannya terbentuk dari satu kampanye khusus, yakni berjudul “Mahakarya Teman Penyandang Autis”. Untuk memanfaatkan teknologi di era Marketing 5.0, Dama Kara bisa memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menyebarkan pesan yang hendak disampaikannya melalui beberapa tools digital marketing secara lebih maksimal lagi.

Kata Kunci: Business Model Canvas, SWOT, Marketing 5.0, Autisme, Dama Kara

Subjek

Analysis and design
STRATEGI BISNIS,

Katalog

Strategi Business Model Canvas untuk Meningkatkan Penjualan Produk Fashion Dama Kara
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SETIA GALUH SANTOSO
Perorangan
Arini Arumsari, Aldi Hendrawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Desain
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • DMI2D6 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini