Tingginya persentase remaja putri mengalami anemia sebesar 41,8% di Jawa Barat. Kecenderungan remaja putri kurang memperhatikan asupan gizi yang sehat serta tidak mendapatkan cukup zat besi dari makanan mereka menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah yang cukup penyebab anemia. Kampanye yang pernah dilakukan oleh Pemprov Jabar pada Agustus 2022 telah mendapatkan pemecahan Rekor MURI dengan membagikan 1,4 juta tablet tambah darah bagi siswi SMP dan SMA sederajat. Kampanye sebelumnya sebatas konsumsi serentak tablet tambah darah belum membangun kesadaran dan minat remaja putri untuk melakukan pencegahan anemia. Alternatif lain dari tablet tambah darah dapat menggunakan Purula rice seasonings sebagai produk makanan penambah zat besi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Sedangkan metode analisis data yang digunakan meliputi metode AOI dan the facets model of effects. Hasil perancangan dalam penelitian ini berupa event Expo Kesehatan Masyarakat dengan narasumber ahli dan influencer kesehatan, booth makanan sehat, dan pengecekan hemoglobin, voucher makan dan cek Hb gratis. Adapun media pendukung lainnya meliputi billboard, sosial media Instagram dan Tiktok, serta merchandise. Diharapkan kampanye ini dapat meningkatkan kesadaraan sehingga mampu menurunkan angka prevalensi anemia remaja putri khususnya di Kota Bandung.
Kata kunci: anemia, kampanye sosial, Purula, remaja putri, zat besi