Teknologi informasi telah menjadi faktor utama dalam strategi bersaingnya di dalam dunia usaha. Penggabungan teknologi di seluruh perusahaan memungkinkan para penggunanya memiliki akses ke informasi yang dibutuhkan secara tepat waktu dan mengambil keputusan secara tepat. Semakin ketatnya kompetisi antara Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM dan perusahaan besar, lalu UMKM harus mencari keunggulan kompetitif yang dapat membantu dalam meminimalkan biaya dan memaksimalkan keuntungan, dengan penerapan sistem ERP pada perusahaan merupakan salah satu strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas sistem informasinya. Hal ini dikarenakan ERP adalah bagian dari infrastruktur perusahaan yang dapat menunjang kelancaran untuk proses bisnis perusahaan yang menerapkannya. Dan juga ERP ini dapat meminimalisir dampak pada ketertinggalannya teknologi pada UMKM yang masalah pada semua aktivitas penjualan atau sales belum terintegrasi dengan divisi lainnya. Untuk menerapkan ERP dibutuhkan sebuah aplikasi yaitu Odoo dengan metode ASAP (Accelerated SAP). Metode ini mempunya lima tahap yaitu Project Preparation, Business blueprint, Realization, Final Preparation dan Go-Live. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didapatkan melalui wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian dari perancangan sistem ERP aplikasi Odoo pada modul sales management dapat diterapkan dan disesuaikan dengan kebutuhan UMKM.