PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Subsektor Makananan dan Minuman yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2021)

PRANDHANA YOGY YONANDHA

Informasi Dasar

116 kali
23.04.3600
332.024
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan merupakan sebuah keadaan suatu perusahaan yang menggambarkan prospek perusahaan dimasa mendatang dan dapat mempengaruhi penilaian para investor, hal tersebut dapat dilihat dari harga saham yang dibentuk sesuai dengan permintaan dan penawaran yang berada didalam pasar modal. Tujuan perusahaan yaitu untuk menghasilkan laba yang dapat meningkatkan kemakmuran pemegang saham dengan meningkatkan nilai perusahaan yang dapat mencerminkan statusnya, oleh karena itu apabila semakin tinggi nilai sebuah perusahaan maka semakin tinggi juga kecenderungan investor berinvestasi di perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas (ROA), ukuran perusahaan (Ln toal Aset), dan kebijakan dividen (DPR) terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan Price Book Value (PBV). Objek pada penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2021. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Data Panel. Pengujian hipotesis dilakukan secara parsial dan simultan dengan menggunakan Uji F dan Uji T. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 42 perusahaan sub sektor makanan dan minuman periode 2019-2021. Hasil dari penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa profitabilitas (ROA), ukuran perusahaan (Ln toal Aset), dan kebijakan dividen (DPR) memiliki pengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan, Profitabilitas (ROA) secara parsial memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan untuk ukuran perusahaan (Ln toal Aset), dan kebijakan dividen (DPR) secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Dari hasil penelitian yang telah diuraikan, peneliti memberi saran penelitian selanjutnya agar menggunakan variabel variabel lain yang berbeda dan tidak memakai proksi yang sama, serta menambah periode agar sampel dapat melebihi peneliti dan disarankan harus memiliki data dahulu sebelum membuat penelitian.

Kata Kunci: Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan

Subjek

CORPORATE FINANCE
CORPORATE GOVERNANCE,

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Subsektor Makananan dan Minuman yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2021)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PRANDHANA YOGY YONANDHA
Perorangan
Sri Rahayu
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EAI3143 - MANAJEMEN RISIKO

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini