Potensi pasar industri kendaraan mobil di Indonesia yang tinggi membuat tingkat persaingan antar perusahaan produksi kendaraan mobil semakin ketat, brand pabrikan kendaraan mobil asal Negara Jepang, Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, dan Suzuki berusaha untuk mempertahankan tingkat market share mereka dengan melakukan strategi diversifikasi produk terkait serta melakukan proses adjustment terhadap produk kendaraan mobil yang akan diluncurkan dengan preferensi konsumen Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan karakteristik kendaraan mobil jenis MPV 1500CC yang ideal menurut para Warganet Indonesia. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan karakteristik kendaraan mobil jenis MPV 1500CC yang ideal menurut para brand pabrikan. Tujuan lain dari penelitian ini sekaligus menjadi tujuan akhir adalah menjelaskan perbandingan karakteristik kendaraan mobil jenis MPV 1500CC yang ideal antara Warganet Indonesia dan brand pabrikan.
Subjek penelitian ini merupakan tiga channel review otomotif di platform media sosial YouTube, yaitu channel Motomobi, AutonetMagz dan Oto Driver. Subjek lain dari penelitian ini adalah website resmi dari masing-masing brand pabrikan mengenai produk objek penelitian. Objek penelitian ini adalah empat kendaraan mobil jenis MPV 1500CC meliputi Toyota Veloz, Mitsubishi Xpander, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga. Proses data collecting dilakukan dengan menggunakan metode data scraping terhadap User-Generated Content (UGC) yang meliputi user comment serta konten text marketing menggunakan layanan third-party Coberry dan Parsehub, kemudian diolah dengan metode text analytic, yaitu topic modeling dengan algoritma Latent Dirichlet Allocation (LDA) menggunakan tools coding environment Google Colab.
Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor feature, comfort, design, dan engine merupakan prioritas karakteristik kendaraan mobil MPV 1500CC yang ideal versi brand pabrikan, sedangkan faktor design, feature, reliability, price, comfort, dan engine merupakan prioritas karakteristik kendaraan mobil MPV 1500CC yang ideal versi Warganet Indonesia. Terdapat gap dari kedua sudut pandang tersebut, di mana brand pabrikan melalui text marketing berfokus melakukan highlight dari keseluruhan fitur mobil yang exclusive dimiliki oleh brand pabrikan, sedangkan Warganet Indonesia berfokus memilah fitur dari sebuah mobil MPV 1500CC dengan mengandalkan user experience, knowledge, serta competitor reference.
Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pihak brand pabrikan mobil di Indonesia, baik untuk skala nasional melalui Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) maupun distributor regional dalam aktivitas product development serta marketing dari produk mobil, seperti menyediakan produk mobil yang dipasarkan pada regional yang berbeda, custom configuration, sampai dengan melakukan transisi konten marketing dari yang bersifat hard-selling menjadi soft-selling.
Kata Kunci: Mobil, Multi-Purpose Vehicle, Otomotif, Preferensi Konsumen, Topic Modeling, User Generated Content.