Nilai Perusahaan merupakan kondisi yang telah dicapai oleh suatu perusahaan sebagai gambaran dari kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan setelah melalui suatu proses kegiatan selama beberapa tahun, yaitu sejak perusahaan tersebut didirikan sampai dengan saat ini. Nilai perusahaan memiliki peran penting dalam perusahaan disebabkan dengan memaksimalkan nilai perusahaan mencerminkan bahwa kinerja suatu perusahaan tersebut menjalankan tugasnya dengan baik bagi perusahaan maka manajer tersebut telah meningkatkan nilai perusahaan dan manajer tersebut dapat meningkatkan kemakmuran bagi pemegang saham. Tingkat keberhasilan suatu perusahaan sering dikaitkan dengan harga saham yang dapat diartikan sebagai nilai perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan market activity terhadap nilai perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam peneliatian ini adalah kausal kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor property & real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021. Teknik pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 245 unit sampel. Data yang diolah adalah data sekunder yang didapatkan melalui website resmi BEI. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis regresi data panel menggunakan software Eviews 12.
Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan market activity berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sementara market activity berpengaruh kearah negatif terhadap nilai perusahaan.
Berdasarkan hasil penelitian, bagi perusahaan disarankan bagi perusahaan agar lebih meningkatkan kinerja pihak manajerial dalam meningkatkan nilai perusahaan. Sedangkan untuk market activity disarankan agar pihak manajemen perusahaan dapat memanfaatkan kinerja market activity, lantaran pada penelitian ini disebutkan bahwa market activity dapat mempengaruhi nilai suatu perusahaan.
Kata Kunci: Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Market Activity, Nilai Perusahaan