ANALISIS KUALITAS APLIKASI MYPERTAMINA DENGAN WEBQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS

ADRIAN AHMAD ZANOLA

Informasi Dasar

106 kali
23.04.3819
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi yang terus berkembang telah menciptakan berbagai inovasi baru, terlebih lagi dalam sektor finansial yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam bertransaksi. Fintech yang merupakan singkatan dari financial technology telah membuat sistem pembayaran menjadi terdigitalisasi. Dengan adanya fintech, kini sistem pembayaran non-tunai mulai banyak bermunculan. Tingginya volume serta nilai transaksi elektronik di Indonesia membuat banyak perusahaan yang menggunakan teknologi fintech karena dapat memberikan kemudahan serta kenyamanan sehingga dapat menarik minat konsumen. Seperti contohnya PT Pertamina dengan layanan e-payment MyPertamina.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kualitas dari aplikasi MyPertamina berdasarkan dimensi webqual. Hal ini dikarenakan berdasarkan ulasan para penggunanya, aplikasi MyPertamina banyak mendapatkan keluhan dari konsumen serta mendapatkan rating yang buruk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kinerja aplikasi MyPertamina masih belum memenuhi harapan dan kepuasan pengguna. Hal ini dikarenakan tingkat kepentingan setiap indikator dari webqual lebih tinggi dibandingkan dengan kinerja yang dirasakan oleh pengguna dari aplikasi MyPertamina. Terdapat beberapa indikator yang perlu menjadi prioritas untuk diperbaiki yaitu kemudahan dalam mengoperasikan aplikasi, navigasi yang lebih jelas, kemudahan dan keamanan dalam melakukan transaksi, perlindungan terhadap data pribadi, serta pelayanan yang sesuai dengan janji.

 

Kata Kunci : Kualitas Aplikasi, Webqual, Importance Performance Analysis

Subjek

Management of operations
BIG DATA,

Katalog

ANALISIS KUALITAS APLIKASI MYPERTAMINA DENGAN WEBQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADRIAN AHMAD ZANOLA
Perorangan
Candiwan, Eva Nurhazizah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • SI431034 - OPERATION & QUALITY MANAGEMENT
  • EBI4Q4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini