Nilai perusahaan merupakan cara untuk mengukur tingkat keberhasilan dan kemakmuran para pemegang saham. Tujuan dari perusahaan adalah memperoleh keuntungann bagi para pemegang saham oleh karena itu, jika perusahaan memiliki nilai yang tinggi, maka perusahaan tersebut memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya. Namun, jika perusahaan memiliki nilai yang rendah maka perusahaan tersebut memiliki kinerja yang kurang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, struktur modal, dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Sub-sektor otomotif & komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016 sampai 2021, baik secara simultan maupun secara parsial.
Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sub-sektor otomotif & komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 13 perusahaan dengan periode pengamatan selama tujuh tahun, sehingga memperoleh 91 data observasi. Studi ini menggunakan teknik analisis regresi data panel yang diolah menggunakan software E-Views12.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa profitabilitas, leverage, struktur modal, dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Pada uji parsial menunjukkan bahwa profitabilitas dan struktur modal berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan leverage dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: leverage, nilai perusahaan, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, struktur modal.