Pada penelitian ini membahas perancangan baru untuk The Alana Hotel, sebuah hotel bintang 4 yang akan berlokasi di Bandung dengan pendekatan brand identity bertujuan agar dapat memperkuat branding hotel dengan menerapkan desain yang mengikuti regulasi dari The Alana Hotel. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Data tersebut dianalisis dengan mempertimbangkan site hotel, bangunan existing, alur aktivitas pengguna, serta kebutuhan ruang yang diperlukan. Hasil analisis ini membentuk dasar untuk mengembangkan konsep perancangan. Konsep perancangan diusulkan dengan tema yang menggabungkan unsur etnis budaya lokal dan penggayaan modern untuk menciptakan suasana relaksasi dan revitalisasi yang unik. Sirkulasi ruang dirancang menggunakan pendekatan linear, grid, dan axial untuk menciptakan alur yang efisien dalam hotel. Selain itu, konsep bentuk diambil dari motif kain batik dan wayang untuk memberikan ciri khas pada desain interior hotel. Dengan demikian, karya ilmiah ini menawarkan perancangan yang berfokus pada menciptakan identitas merek yang kuat dan suasana yang khas untuk The Alana Hotel, dengan harapan bahwa hotel ini akan menjadi destinasi unggulan di kota Bandung dan menarik perhatian para wisatawan serta meningkatkan kepuasan pengunjung.
Kata kunci: Perhotelan, Pariwisata, Brand Identity