UMKM Mulyo Batik merupakan. usaha rumahan yang bergerak dalam industri kreatif. Sejak berdirinya UMKM Mulyo Batik, terdapat masalah yaitu tingkat penjualanya yang rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti motif batik kurang bervariasi hanya memiliki dua motif yaitu motif banyu langit dan motif bestari, hanya satu dari tiga pegawai yang bisa membatik, promosi belum menggunakan media sosial, dan tidak ada penjadwalan. Untuk. mengatasi. permasalahan. yang. terjadi ini maka perlu adanya evaluasi. dari model bisnis yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi model bisnis saat ini dan melakukan proses perancangan model bisnis usulan UMKM Mulyo Batik dengan menggunakan Business Model Canvas. Perancangan dimulai dari pemetaan model bisnis saat ini yang dilakukan melalui wawancara dan observasi, pemetaan customer profile yang didapatkan dari hasil wawancara, dan analisis lingkungan bisnis yang didapatkan dari hasil studi literatur. Selanjutnya akan dilakukan analisis SWOT dari data yang didapatkan. Dari hasil analisis SWOT akan dilakukan. perancangan. value proposition canvas dan business model canvas usulan. secara keseluruhan. Usulan perbaikan model bisnis diantaranya adalah perbaikan di value proposition yang mencakup sertifikasi, bahan nyaman dipakai serta menyediakan produk baju batik. Agar mampu menawarkan value proposition dimaksud, UMKM Mulyo Batik akan mengikuti kegiatan pemerintah terkait pengembangan UMKM serta mengikuti pelatihan teknik membatik untuk meningkatkan skill karyawan. Promosi produk akan ditingkatkan melalui berbagai saluran, diantaranya digital marketplace, direct selling, social media, dan endorse. Dengan menerapkan model bisnis yang diusulkan diharapkan UMKM Mulyo Batik dapat meningkatkan kinerja bisnis dan menjadi pilihan terpercaya para pelanggan.