Griya Fitnes merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang jasa penyewaan alat-alat olahraga atau gym serta alat pijat untuk perorangan maupun tempat instansi atau perkantoran. Griya Fitnes mulai didirikan pada 18 Desember tahun 2017 berlokasi di Desa Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Griya Fitnes menerima jasa penyewaan alat fitness, alat olahraga, dan alat perkakas dengan memberikan layanan pesan antar kepada para pelanggannya. Griya Fitnes memiliki permasalahan mengenai pendapatan yang fluktuatif cenderung tidak stabil, permasalahan tersebut didukung dengan adanya perolehan data grafik pendapatan Griya Fitnes dari tahun 2020 hingga September 2022 yang fluktuatif pada setiap tahunnya. Setelah melakukan observasi, in depth interview, dan survei pendahuluan. Permasalahan yang terjadi pada Griya Fitnes terjadi pada strategi pemasaran yang belum optimal.
Penelitian Tugas Akhir ini memiliki tujuan untuk memperbaiki strategi pemasaran dengan menggunakan metode Analisis SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Perancangan strategi menggunakan analisis SWOT dan QSPM diawali dengan menentukan faktor internal dan faktor eksternal perusahaan untuk mendapatkan matriks IFE dan matriks EFE. Dalam merancang strategi pemasaran, digunakan matriks IE yang didapatkan dari penggabungan IFE dan EFE sebesar 2,86 dan 2,77. Matriks SWOT menghasilkan usulan strategi yang nantinya akan dipilih melalui matriks QSPM untuk menentukan nilai TAS terbesar. 5 strategi teratas dari hasil QSPM adalah penetrasi pasar yang salah satunya adalah memaksimalkan dan memperbaiki saluran pemasaran sebagai media promosi usaha dengan nilai TAS 6,445. Seluruh alternatif strategi pemasaran yang terpilih diharapkan dapat diimplementasikan untuk dapat mengatasi permasalahan.