Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah usaha produktif yang dilakukan oleh individu atau badan usaha. Salah satu UMKM dalam bidang usaha Batik yang terkenal di Kabupaten Banyuwangi adalah Godho Batik. Godho Batik menjual berbagai macam produk Batik khas Banyuwangi antara lain kain batik, baju, hingga suvenir batik. Salah satu kendala yang dialami oleh Godho Batik adalah proses pencatatan hasil penjualan masih menggunakan buku, sehingga proses rekapitulasi data aktivitas penjualan tidak terstruktur, waktu penyelesaian pesanan lebih lama, dan tidak mendapatkan informasi secara cepat. Perancangan sistem monitoring dapat membantu owner dan karyawan dalam rekapitulasi data aktivitas penjualan dapat terstruktur dengan baik, dan mendapatkan informasi secara cepat dalam satu tempat yang mudah diakses oleh UMKM Godho Batik.
Metode yang digunakan dalam perancangan sistem monitoring aktivitas penjualan adalah metode waterfall. Metode waterfall merupakan metode yang memiliki model sekuensial linier dalam fase-fase yang terdiri dari requirement definition, systems and software design, implementation and unit testing, integration and systems testing, operation and maintenance.
Hasil dari perancangan adalah sistem monitoring aktivitas penjualan yang memiliki menu data barang, data pesanan, data pendapatan, data pengeluaran, dan report penjualan dengan dua pengguna sistem. Menu pada sistem monitoring memiliki fitur yang dapat menampilkan data, menyimpan data, mengubah data, mencari data dalam satu tempat yang mudah diakses.
Hasil perancangan sistem monitoring dapat membantu pihak UMKM untuk melakukan monitoring perekapan data aktivitas penjualan dan mengontrol jumlah barang pesanan yang harus dipenuhi, meminimalkan kesalahan, kehilangan, kerusakan dan penggandaan data, menyimpan rekapan data yang baik serta dapat menampilkan data kinerja penjualan.