PERANCANGAN POSITIONING PRODUK T-SHIRT RAXSA.CO APPAREL BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING DAN SWOT ANALYSIS

NADIA APRILIA DEWI

Informasi Dasar

210 kali
23.04.4305
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Raxsa.co Apparel merupakan sebuah brand UMKM di bidang fashion yang telah berdiri sejak September 2018. Brand ini menawarkan beragam jenis pakaian, dengan produk T-shirt menjadi unggulan dan mencatat penjualan tertinggi pada tahun 2022. Meskipun begitu, data penjualan menunjukkan bahwa target penjualan produk T-shirt belum tercapai. Survei konsumen mengungkapkan bahwa brand ini kurang dikenal dan kurang terlihat keunggulannya dibandingkan merek lainnya.

Penelitian perancangan perbaikan positioning bertujuan meningkatkan brand awareness T-shirt Raxsa.co Apparel melalui metode Multidimensional Scaling (MDS) dengan melihat gambaran hasil visual berupa perceptual mapping menurut preferensi konsumen dan analisis SWOT dengan mengidentifikasi Atribut Produk T-Shirt melalui jurnal terdahulu maupun buku untuk memperkuat atribut dan melakukan wawancara melalui Voice of Customer (VOC) dengan tiga tahap yaitu Popularity Test, Rational Analysis of Factors dan Simulation of External Influence.

Dalam perancangan strategi perbaikan positioning, dipertimbangkan atribut seperti Kualitas Bahan, Durability, Harga, Warna, Perceived Value, Kenyamanan, Fashionable, Kualitas Desain, Brand Reputation, dan Ukuran. Merek pesaing Raxsa.co Apparel adalah 3Second, Rown Divison, Sch. (Ouval Research), Bloods, dan NIMCO. Jumlah sampel yang diambil ini adalah 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pada tahap pengolahan data, dilakukan verifikasi berdasarkan standar yang telah ditentukan untuk menghasilkan perceptual mapping.

Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai R-Square yang diperoleh adalah 0,98671 sedangkan nilai Stress sebesar 0,12269. Dari hasil perceptual mapping, ditemukan kekuatan pada Kualitas Bahan dan Brand Reputation, serta kelemahan pada Durability dan Ukuran. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk merancang strategi positioning yang mempertimbangkan faktor internal dan eksternal Raxsa.co Apparel, termasuk kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Tujuan perancangan strategi positioning ini adalah meningkatkan brand awareness Raxsa.co Apparel dan memperkuat daya saing dengan pesaing aktual.

Subjek

POSITIONING-MARKETING
 

Katalog

PERANCANGAN POSITIONING PRODUK T-SHIRT RAXSA.CO APPAREL BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING DAN SWOT ANALYSIS
 
xvi, 137p
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADIA APRILIA DEWI
Perorangan
Agus Achmad Suhendra, Amelia Kurniawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini