Cipta Decoration merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang dekorasi yang berada di Kota Medan Sumatera Utara. Total pendapatan Cipta Decoration di setiap bulannya dari bulan Agustus 2021 hingga Juli 2022 mengalami penurununan sehingga tidak memenuhi target yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, Cipta Decoration harus menentukan perencanaan strategi baru yang dapat di terapkan agar meningkatkan hasil pendapatan dan memenuhi target yang telah ditetapkan di setiap bulannya. Rancangan strategi pemasaran baru yang di tetapkan Cipta Decoration menggunakan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), pemilihan metode tersebut didasarkan beberapa faktor yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman usaha. Penerapan analisis SWOT juga dilakukan untuk mendapatkan alternatif strategi yang diperoleh dari faktor internal dan faktor eksternal perusahaan. Informasi dan data yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, alat yang digunakan untuk melakukan analisis adalah matriks IFE (Internal Factor Evaluation), matriks EFE (External factor Evaluation), matriks IE (Internal-External), matriks SWOT (Strenght, Weakness, Oppurtunities, Threats), dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix).
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, QSPM, Analisis SWOT
Cipta Decoration merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang dekorasi yang berada di Kota Medan Sumatera Utara. Total pendapatan Cipta Decoration di setiap bulannya dari bulan Agustus 2021 hingga Juli 2022 mengalami penurununan sehingga tidak memenuhi target yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, Cipta Decoration harus menentukan perencanaan strategi baru yang dapat di terapkan agar meningkatkan hasil pendapatan dan memenuhi target yang telah ditetapkan di setiap bulannya. Rancangan strategi pemasaran baru yang di tetapkan Cipta Decoration menggunakan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), pemilihan metode tersebut didasarkan beberapa faktor yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman usaha. Penerapan analisis SWOT juga dilakukan untuk mendapatkan alternatif strategi yang diperoleh dari faktor internal dan faktor eksternal perusahaan. Informasi dan data yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, alat yang digunakan untuk melakukan analisis adalah matriks IFE (Internal Factor Evaluation), matriks EFE (External factor Evaluation), matriks IE (Internal-External), matriks SWOT (Strenght, Weakness, Oppurtunities, Threats), dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix).
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, QSPM, Analisis SWOT