Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Ketepatan Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan Anteraja di Bandung

MARCELLINO FERNANDEZ

Informasi Dasar

70 kali
23.04.4332
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini perkembangan e-commerce sangat banyak sehingga bisnis dibidang logistik sangat memberikan peluang bagi pertumbuhan industri logistik, terutama pelaku jasa kurir dan layanan ekspedisi. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba memanfaatkan peluang bisnis ini. Contohnya, perusahaan penyedia jasa transportasi ikut memanfaatkan sektor logistik bahkan beberapa startup e-commerce juga mulai membangun logistiknya sendiri. Dari banyaknya perushaan jasa pengiriman barang, Anteraja mendapatkan keluhan dan kritikan terbanyak dibandingkan jasa logistik lainnya, salah satunya terkait mengenai kualitas pelayanan dan ketepatan pengiriman. AnterAja memiliki 1.726 kantor cabang di seluruh indonesia, dan yang terbanyak ada di daerah bandung. Dengan banyaknya perusahaan-perusahaan sejenis yang bergerak di bidang yang sama, sangat besar kemungkinan bagi konsumen untuk beralih atau memilih untuk meninggalkan perusahaan Anteraja dan menggunakan jasa logistik lain. Oleh karena itu perusahaan harus beradaptasi dan meningkatkan daya saing khususnya terkait kualitas pelayanan dan ketepatan pengiriman untuk tetap menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis besaran pengaruh kualitas pelayanan dan ketepatan pengiriman terhadap kepuasan pelanggan pada jasa pengiriman AnterAja di Bandung.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk mengumpulkan data, menggunakan metode non-probability sampling yaitu dengan accidental sampling dan mengumpulkannya dari tanggapan 100 orang menggunakan kuisioner yang dikirim melalui platform media sosial termasuk Instagram, Whatsapp, Line dan Twitter. Dengan bantuan SPSS 25, penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda pada data yang sudah diolah.

Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa variabel yang diteliti yaitu kualitas pelayanan, ketepatan pengiriman, dan kepuasan pelanggan masuk kedalam kategori cukup baik dengan persentase masing-masingnya yaitu kualitas pelayanan 55%, ketepatan pengiriman 55%, dan kepuasan pelanggan 53%. Hasil uji hipotesis menunjukkan secara parsial dan simultan variabel kualitas pelayanan dan ketepatan pengiriman mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan Anteraja di Bandung. Sebesar 80,8% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan ketepatan pengiriman. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yaitu promosi, harga dan lokasi sebesar 19,2%.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Ketepatan Pengiriman, Kepuasan Pelanggan

Subjek

BUSINESS MARKETING
 

Katalog

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Ketepatan Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan Anteraja di Bandung
 
xvi, 100p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MARCELLINO FERNANDEZ
Perorangan
Fitriani Nur Utami
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • KBI1H3 - PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini