Hotel butik di Indonesia berkembang di kota - kota yang merupakan pusat bisnis dan wisata, dimana tingkat okupansi kamar hotel lebih tinggi. Salah satu kota yang besar pusat bisnis dan wisata adalah Bandung. Menurut BPS Kota Bandung, tingkat okupansi kamar hotel berbintang di Jawa Barat pada Desember 2022 mencapai 60,18 dan naik 3,54 poin dibandingkan tingkat okupansi kamar November 2022 yang mencapai 56,64. Ini menunjukkan pada masa low season (September hingga Desember dan pertengahan Januari hingga April menurut Daily Hotels) Jawa Barat masih memiliki tingkat penghunian kamar hotel yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan tingkat okupansi kamar hotel berbintang tahun 2022 provinsi – provinsi lainnya menurut data BPS. Kota Bandung adalah target lokasi yang tepat untuk hotel butik dimana banyak pekerja dan wisatawan yang mencari pengalaman berlibur yang indah dan penuh gaya.
Salah satu hotel butik bintang 3 di Kota Bandung adalah Hotel Verona Palace. Target pengunjung dari hotel ini adalah keluarga dan pekerja, baik menginap maupun untuk menyewa fasilitas MICE. Walaupun disebut sebagai hotel butik, hotel ini belum sesuai dengan brandingnya. Pengelompokan ruangnya juga belum ideal dengan adanya kamar yang bisa diakses dari lantai lobby dengan mudah sehingga kurang privat dan aman. Serta tidak adanya kamar tidur suite yang merupakan standar umum hotel bintang 3. Metode perancangan adalah mengumpulkan data, melakukan programming pada ruangan yang dirancang, membuat tema dan konsep sesuai dengan branding hotel sendiri, yang hasil akhirnya berupa gambar kerja dan maket studi.
Kata kunci : Hotel, butik, branding