Dunia perbankan di Indonesia sangatlah rentan terhadap citranya, karena dengan
adanya kasus-kasus yang merugikan nasabah, dan perusahaan perbankan di
Indonesia berusaha sedemikian rupa untuk mengebalikan kepercayaan kepada
nasabah dan calon nasabah, Konten berbentuk web Series merupakan strategi
peningkatan citra yang tergolong baru melalui social media oleh beberapa
perusahaan. BRI memproduksi konten webseries dengan maksud untuk
meningkatkan citra dalam jangka Panjang karena konten tersebut tidak akan
hilang dan masyarakat bisa menonton kapanpun dan dimanapun. Akan tetapi
tidak hanya citra BRI yang di tampilkan dalam web series tersebut, Adapun
makna profesionalisme yang di angkat menjadi salah satu daya tarik web series
tersebut, pada penelitian ini profesionalsime mengacu kepada Undang - Undang
Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Penelitian ini
menarik dikarenakan konten webseries merupakan hal yang baru, dan BRI
menggunakan webseries tersebut untuk memperlihatkan profesionalisme mereka
bekerja di BRI. Penelitian akan membahas mengenai representasi
profesionalisme pegawai bank BRI melalui webseries pakai hati dalam
meningkatkan citra, dengan menggunakan metode kualitatif dan
mengintegrasikan teori semiotika dari roland barthes, dan teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, peneliti
mengobservasi setiap cuplikan yang menunjukan bahwa pegawai BRI dalam
webseries tersebut melakukan tindakan profesionalisme, hasil penelitian ini
menunjukan bahwa webseries ini memang benar sebagian besar menunjukan
profesionalisme yang mengacu pada Undang – Undang Nomor 5 Tahun 2014
yang bertujuan untuk meningkatkan citra.
Kata Kunci : Citra, Profesionalisme, Representasi, Semiotika, Webseries