Lembaga pemerintahan Indonesia perlu melakukan pengelolaan reputasi untuk menciptakan kepercayaan publik. Dalam proses pengelolaan reputasi tersebut diperlukan adanya kesadaran (awareness) dari masyarakat terlebih dahulu. BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) adalah salah satu lembaga pemerintahan dibidang pengawasan dan juga auditor internal Presiden. BPKP memiliki peran penting dalam pelaksanaan pemerintahan, namun sampai saat ini keberadaannya belum banyak diketahui oleh masyarakat terutama terkait tugas, fungsi, dan kinerja yang telah dilaksanakan. Melihat begitu pentingnya BPKP dalam pelaksanaan pemerintahan, sehingga BPKP dirasa perlu untuk meningkatkan awareness masyarakat melalui branding. Selama ini elemen dan unsur identitas visual pembentuk brand dari BPKP belum cukup untuk menunjang proses branding kepada masyarakat umum. Selain itu, strategi komunikasi yang digunakan oleh BPKP masih mengacu pada model konvensional. Melalui pengumpulan data berdasarkan hasil observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka, maka akan dianalisis sehingga diperoleh solusi visual brand communication untuk membantu BPKP dalam memaksimalkan branding yang telah ada.
Kata kunci: Lembaga Pemerintahan, Branding, Visual Brand Communication