Pengaruh Kampanye #TukarBaju Terhadap Literasi Lingkungan Kampanye Pengikut Akun Instagram @tukarbaju_

NADHILAH ALIFAH AGUSTINE

Informasi Dasar

118 kali
23.04.4714
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Trend fashion dan tingkat konsumtif yang tinggi pada masyarakat memunculkan penawaran pakaian dengan harga sangat terjangkau yang dikenal dengan sebutan Fast Fashion. Tingkat konsumtif yang berlebihan tersebut dapat menimbulkan isu lingkungan yang memproduksi limbah fashion. Dalam memberikan pemahaman terkait hal ini kampanye #TukarBaju melalui Instagram @tukarbaju_ mengajak pengikutnya untuk memulai gerakan kampanye tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kampanye #TukarBaju terhadap kemampuan literasi lingkungan pengikut akun Instagram @tukarbaju. Metode penelitian yang dilakukan ialah kuantitatif deskriptif dengan terhadap 400 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye #TukarBaju berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap literasi lingkungan. Dibuktikan dengan adanya hasil t hitung lebih besar daripada t tabel (12.014 > 1.965) dengan hasil signifikansi 0,000<0,050 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh kampanye #TukarBaju terhadap literasi lingkungan. Berdasarkan hasil koefisiensi determinasi menunjukkan bahwa kampanye #TukarBaju memiliki pengaruh sebesar 26,6% terhadap literasi lingkungan dan 73,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Kata Kunci: Kampanye, Literasi Lingkungan, Instagram, Media Sosial

Subjek

ILMU KOMUNIKASI
 

Katalog

Pengaruh Kampanye #TukarBaju Terhadap Literasi Lingkungan Kampanye Pengikut Akun Instagram @tukarbaju_
 
xiii, 117p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADHILAH ALIFAH AGUSTINE
Perorangan
Pradipta Dirgantara
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • KII3P2 - KOMUNIKASI LINGKUNGAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini