Trend fashion dan tingkat konsumtif yang tinggi pada masyarakat memunculkan penawaran pakaian dengan harga sangat terjangkau yang dikenal dengan sebutan Fast Fashion. Tingkat konsumtif yang berlebihan tersebut dapat menimbulkan isu lingkungan yang memproduksi limbah fashion. Dalam memberikan pemahaman terkait hal ini kampanye #TukarBaju melalui Instagram @tukarbaju_ mengajak pengikutnya untuk memulai gerakan kampanye tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kampanye #TukarBaju terhadap kemampuan literasi lingkungan pengikut akun Instagram @tukarbaju. Metode penelitian yang dilakukan ialah kuantitatif deskriptif dengan terhadap 400 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye #TukarBaju berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap literasi lingkungan. Dibuktikan dengan adanya hasil t hitung lebih besar daripada t tabel (12.014 > 1.965) dengan hasil signifikansi 0,000<0,050 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh kampanye #TukarBaju terhadap literasi lingkungan. Berdasarkan hasil koefisiensi determinasi menunjukkan bahwa kampanye #TukarBaju memiliki pengaruh sebesar 26,6% terhadap literasi lingkungan dan 73,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Kata Kunci: Kampanye, Literasi Lingkungan, Instagram, Media Sosial