ANALISIS SENTIMEN BERBASIS ASPEK TERHADAP RICHEESE FACTORY PADA PLATFORM TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITME NAÏVE BAYES DAN MENGGUNAKAN MARKETING MIX 4P

HEIDEA YULIA FIRZANIA

Informasi Dasar

189 kali
23.04.4979
005
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pembatasan pengunjung di gerai makanan membuat masyarakat memesan makanan dan minuman dari rumah sehingga popularitas brand tersebut meningkat. Maka banyak brand bersaing terutama brand makanan cepat saji. Richeese Factory adalah brand makanan cepat saji Indonesia yang menyajikan makanan pedas, saus keju dan satu-satunya brand makanan yang bersaing dengan brand luar negeri, tetapi brand tersebut masih kalah dengan brand luar negeri. Dengan menggunakan analisis sentimen dan aspek teori marketing mix 4p yang didapat dari ulasan pelanggan pada Twitter, dapat meningkatkan minat masyarakat kepada brand Richeese Factory. Sistematika penyelesaian menggunakan Knowledge Discovery in Database, tahapan pertama adalah data selection, pada tahap tersebut, peneliti menentukan keyword pengambilan data dari Twitter, yang kemudian data diambil dengan cara crawling data. Tahapan berikutnya adalah data mining, pada tahap tersebut data akan di-split menjadi data training dan data test, dari kedua data tersebut dilakukan  penilaian bobot menggunakan TF-IDF, selanjutnya Learning dan Classification menggunakan Naïve Bayes, dari klasifikasi tersebut data diolah sehingga menghasilkan classification report. Hasil dari implementasi Algoritme Naïve Bayes perbedaan max features dan test size memiliki peran penting pada hasil akurasi. Algoritme Gaussian dan Multinomial Naïve Bayes memiliki hasil akurasi yang lebih tinggi daripada Algoritme Bernoulli Naïve Bayes, akan tetapi sebagian besar akurasi tertinggi pada Algoritme Multinomial Naïve Bayes dengan nilai 84%. Berdasarkan tingkat akurasi dari implementasi Algoritme Naïve Bayes jika nilai max features semakin tinggi nilai akurasi juga semakin tinggi.

Subjek

TUGAS AKHIR
 

Katalog

ANALISIS SENTIMEN BERBASIS ASPEK TERHADAP RICHEESE FACTORY PADA PLATFORM TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITME NAÏVE BAYES DAN MENGGUNAKAN MARKETING MIX 4P
 
xv, 52p
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HEIDEA YULIA FIRZANIA
Perorangan
Oktariani Nurul Pratiwi, Faqih Hamami
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini