Persepsi Wisatawan Terhadap Wisata Kuliner di Lengkong Night Street Food Kota Bandung

RAYHAN AL RAMANOV

Informasi Dasar

156 kali
23.06.712
338.479 1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Lengkong Night Street Food merupakan wisata kuliner malam yang masih tergolong baru di Kota Bandung, yang menjadi pusat kuliner favorit sejak pandemi Covid19 tahun 2020. Beberapa ulasan yang disampaikan pengunjung melalui google review tentang wisata kuliner di Lengkong Night Street Food ini sangat beragam, baik ulasan yang positif maupun yang negatif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh faktor 4A (accesibilities, attraction, amenities, dan ancillary service) yang merupakan variabel independen terhadap persepsi wisatawan yang merupakan variabel dependen pada obyek penelitian yaitu Lengkong Night Street Food Kota Bandung.

               Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dimana data primer yang digunakan berupa kuesioner yang disebarkan secara acak (random sampling) terhadap responden yang pernah berkunjung untuk berwisata kuliner ke Lengkong Night Street Food Kota Bandung. Data sampel yang berhasil dikumpulkan dan diolah dalam penelitian ini sejumlah 117 responden. Analisis data dengan menggunakan SPSS versi 25, dengan teknik analisis statistik deskriptif dan regresi linier berganda.

               Hasil analisis secara parsial dinyatakan bahwa variabel independen accesibilities dan attraction secara parsial berpengaruh terhadap variabel dependen persepsi wisatawan, sementara variabel independen amenities dan ancillary service secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap variabel dependen persepsi wisatawan. Secara simultan accesibilities, attraction, amenities, dan ancillary service memiliki pengaruh terhadap persepsi wisatawan kuliner Lengkong Night Street Food Kota Bandung. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2), variabel independen hanya berpengaruh sebesar 47,2% terhadap variabel dependen yang ditunjukkan dengan nilai adjust R square sebesar 0,472, sehingga peneliti selanjutnya dapat mengembangkan model regresi baru dengan menggunakan faktor lain yang mempengaruhi persepsi wisatawan seperti kualitas pelayanan, promosi, citra wisata, gaya hidup, dan faktor lainnya.

 

Kata Kunci: accesibilities, attraction, amenities, ancillary service, persepsi wisatawan, Lengkong Night Street Food, wisata kuliner, Bandung.

 

Subjek

TOURISM
 

Katalog

Persepsi Wisatawan Terhadap Wisata Kuliner di Lengkong Night Street Food Kota Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAYHAN AL RAMANOV
Perorangan
Siti Zakiah, Umi Sumarsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Perhotelan
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini