Departemen Front Office banyak dihindari oleh mahasiswa trainee saat melaksanakan On The Job Training karena merasa kurang percaya diri dengan keterampilan atau soft skill yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soft skill mahasiswa trainee departemen Front Office pada hotel bintang empat di Kota Bandung dan upaya untuk meningkatkannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif etnografi dengan melakukan observasi dan wawancara kepada Front Office Manager, Front Office Supervisor, dan Mahasiswa Trainee di tiga hotel bintang empat di Kota Bandung, yaitu Hotel Grand Tjokro Bandung, Hotel Four Points by Sheraton Bandung, dan Hotel The Jayakarta Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa Trainee memiliki soft skill yang berkualitas serta pemahaman terkait komponen soft skill seperti etos kerja, sopan santun, kerjasama, disiplin, dan penyesuaian diri terhadap norma-norma untuk membentuk individu berkualitas yang dapat diimplementasikan dalam lingkungan kerja. Upaya untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa trainee dapat dilakukan dengan mengadakan pelatihan mengenai etika dan berkomunikasi, memberikan teladan yang baik, serta menerapkan sistem reward.