Informasi laba merupakan salah satu informasi yang paling penting di pertimbangkan dalam mengambil keputusan investasi yang akan dilakukan oleh investor. Informasi tersebut yang digunakan manajer perusahaan untuk melakukan kecurangan laporan keuangan terhadap tingkat laba demi kepentingan perusahaan salah satunya yaitu praktik manajemen laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bisnis, investment opportunity set, managerial entrenchment dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba, baik secara simultan maupun parsial. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor transportasi dan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017 – 2021. Metode dalam pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purpose sampling dengan 28 perusahaan sektor transportasi dan logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan diperoleh 14 sampel dalam periode 5 tahun. Metode analisis data penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews 12. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi bisnis, investment opportunity set, managerial entrenchment dan ukuran perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap manajemen laba. Secara parsial, strategi bisnis, managerial entrenchment dan ukuran perusaaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan, investment opportunity set berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Saran bagi peneliti selanjutnya, dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai penelitian ini dan dijadikan referensi untuk memperkaya penelitian lebih lanjut mengenai manajemen laba
Kata kunci : Investment Opportunity Set, Manajemen Laba, Managerial Entrenchment, Strategi Bisnis, Ukuran Perusahaan