PERANCANGAN ATHLEISURE WEAR UNTUK WANITA PEKERJA REMOTE YANG HOBI BEROLAHRAGA DAN PERENCANAAN BISNISNYA

PUTI AISYAH MEILITA FAUZI

Informasi Dasar

128 kali
23.04.5942
746.92
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 

PERANCANGAN ATHLEISURE WEAR
UNTUK WANITA PEKERJA REMOTE
YANG HOBI BEROLAHRAGA
DAN PERENCANAAN BISNISNYA

 

Oleh

PUTI AISYAH MEILITA FAUZI

NIM : 1605194058

(Program Studi Kriya Tekstil dan Mode)

 

 

 

Pandemi Covid-19 telah memperkenalkan gaya hidup Work From Home (WFH), yang kemudian beradaptasi menjadi remote working setelah pandemi mereda. Remote working sendiri memiliki kelebihan dan kelemahan. Namun, pekerja remote working cenderung memiliki fleksibilitas dan fokus kerja yang lebih tinggi dengan distraksi yang lebih rendah. Wanita yang bekerja full time remote working memiliki aktivitas sehari-hari yang beragam, termasuk menjalankan tugas di luar kantor dan berolahraga secara teratur. Mereka mencari busana yang nyaman dan modis untuk mengakomodasi kegiatan mereka, termasuk saat bekerja, berolahraga, dan bersosialisasi. Athleisure wear menjadi tren mode yang populer karena cocok digunakan dalam berbagai kesempatan.Tujuan penelitian ini adalah pertama, mengembangkan perancangan athleisure wear yang tepat untuk wanita pekerja full time remote working dengan hobi berolahraga; kedua, memahami kebutuhan fungsional, preferensi gaya, adaptabilitas, dan keselarasan dengan gaya hidup sehat dari wanita pekerja full time remote working yang hobi berolahraga; dan ketiga, merancang bisnis yang sesuai dengan target market athleisure wear yang berkelanjutan. Strategi yang diusulkan meliputi fokus pada kualitas bahan dan konstruksi produk, fungsionalitas yang adaptif, estetika modis, dan keselarasan dengan gaya hidup sehat menggunakan metode penelitian semi kualitatif yang meliputi pengumpulan data studi literatur, wawancara, observasi, eksplorasi dan kuisioner. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan kuisioner menunjukkan perancangan athleisure wear harus mengutamakan kenyamanan, fleksibilitas, dan fungsionalitas. Target market dalam penelitian ini adalah wanita pekerja full time remote working yang memiliki gaya hidup sehat dan aktif. Mereka membutuhkan pakaian yang dapat digunakan dalam berbagai aktivitas sehari-hari, bahan yang tahan lama dan tahan kusut menjadi penting, dan desain dengan banyak penyimpanan untuk kepraktisan. Pilihan warna dan teknik desain harus sesuai dengan preferensi target market yang menyukai gaya sporty casual dengan warna-warna netral.

 

Kata kunci: remote working, athleisure wear, gaya hidup sehat

 

ABSTRACT

 

DESIGNING ATHLEISURE WEAR
FOR REMOTE WORKING WOMEN WITH A PASSION FOR SPORTS
AND ITS BUSINESS PLANNING.

 

By

PUTI AISYAH MEILITA FAUZI

NIM: 1605194058

(Textile and Fashion Craft Study Program)

 

 

 

The Covid-19 pandemic has introduced the Work From Home (WFH) lifestyle, which later adapted to remote working as the pandemic subsided. Remote working itself has its strengths and weaknesses. However, remote workers tend to have higher work flexibility and focus with fewer distractions. Women who work full time remotely have diverse daily activities, including tasks outside the office and regular exercise. They are seeking comfortable and fashionable clothing to accommodate their various activities, including working, exercising, and socializing. Athleisure wear has become a popular fashion trend as it is suitable for various occasions.The objectives of this study are first, to develop appropriate athleisure wear designs for women who work full time remotely and have a passion for sports; second, to understand the functional needs, style preferences, adaptability, and alignment with the healthy lifestyle of women who work full time remotely and enjoy sports; and third, to design a sustainable business targeting the athleisure wear market. The proposed strategies include focusing on material quality and product construction, adaptive functionality, fashionable aesthetics, and alignment with a healthy lifestyle using a semi-qualitative research method involving data collection through literature review, interviews, observations, explorations, and questionnaires.Based on the interview, observation, and questionnaire results, it is evident that athleisure wear design should prioritize comfort, flexibility, and functionality. The target market for this research consists of women who work full time remotely and lead a healthy and active lifestyle. They require clothing that can be used for various daily activities, durable and wrinkle-resistant materials are essential, and the design should incorporate plenty of storage for practicality. Color choices and design techniques should align with the preferences of the target market, which favors sporty casual styles with neutral colors.

 

Keywords: remote working, athleisure wear, healthy lifestyle

Subjek

CRAFT, TEXTILE, FASHION
FASHION DESIGN,

Katalog

PERANCANGAN ATHLEISURE WEAR UNTUK WANITA PEKERJA REMOTE YANG HOBI BEROLAHRAGA DAN PERENCANAAN BISNISNYA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTI AISYAH MEILITA FAUZI
Perorangan
Rima Febriani, Sari Yuningsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Kriya
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini