Laporan proyek tugas akhir ini mengkaji peran front office hotel dalam memberikan
pelayanan kepada tamu agar tamu mendapatkan semua yang dijanjikan hotel dan
mencapai tujuan hotel agar tamu yang datang kembali. Dalam hal ini, tidak
mungkin memisahkan bagaimana department memberikan layanan kepada
pelanggan baik dari front desk maupun departement lain. Penyusunan laporan ini
disajikan secara deskriptif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi terkait
pemberian pelayanan kepada tamu oleh karyawan. Metode pengumpulan data
menggunakan dokumen, observasi, wawancara dan dokumen. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa departement Front Office The Trans Luxury Hotel memegang
peranan penting dalam memberikan pelayanan kepada tamu, karena departement
front office merupakan departement yang bersentuhan langsung dan akan
memberikan kesan pertama dan terakhir yang sama bagi tamu pada saat
kedatangan. Dapat disimpulkan bahwa bagian front office dapat memberikan
pelayanan kepada tamu, sehingga hotel tidak pernah sepi dan jelas banyak tamu
hotel adalah tamu yang telah tinggal selama bertahun-tahun dan kembali ke hotel