STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MELALUI PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA ONLINE SHOP KURVENTORY.ID

DIKI SYAM PUTRA

Informasi Dasar

311 kali
23.04.6174
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tren berpakaian memiliki pengaruh terhadap kegiatan ekonomi, bahkan dalam skala negara. Adanya pertumbuhan ekonomi dalam komoditas ekspor pakaian menjadi tanda bahwa pasar yang berhubungan dengan fashion atau gaya berpakaian masih memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Penjualan pakaian bekas atau biasa dikenal dengan thrift mulai menjadi sebuah tren yang disebabkan munculnya pergeseran dalam gaya hidup dan budaya konsumsi.

Kurventory.id merupakan salah satu online shop yang menawarkan produk berupa barang-barang second.Selain pakaian bekas, juga menjual beberapa topi bekas, tas bekas, dan sepatu bekas yang masih layak pakai dan kualitas yang baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis Kurventory.id melalui pendekatan Business Model Canvas. adapun Variabel pada penelitian ini adalah SWOT, Matrix SWOT dan Model Bisnis Canvas Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data seperti wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi.

Setelah mengetahui Business Model Canvas dari Kurventory.id saat ini, lalu dilakukan analisis SWOT untuk  mengidentifikasi faktor kekuatan, peluang, kelemahan dan ancaman. Kemudian dirancang Business Model Canvas baru yang nantinya akan menjadi acuan untuk strategi pengembangan bisnis Kurventory.id. pada penelitian ini terdapat 4 narasumber, yaitu owner Kurventory.id, 2 kompetitor dari Kurventory.id, dan komunitas Bandung Thrift Weekend.

Kurventory.id dapat memantau dan mengevaluasi kinerja bisnis menggunakan indikator kunci kinerja yang relevan. Analisis data penjualan, kepuasan pelanggan, dan perkembangan pasar akan membantu Kurventory.id untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan mengambil tindakan yang tepat.

Kata kunci: online shop, thrift,business model canvas, SWOT, Kurventory.id

Subjek

MANAGEMENT BUSINESS
 

Katalog

STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MELALUI PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA ONLINE SHOP KURVENTORY.ID
 
x,12.:il.;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIKI SYAM PUTRA
Perorangan
Risris Rismayani, Tri Djatmiko
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EBH0C4 - MANAJEMEN BISNIS
  • EBH0I4 - MANAJEMEN STRATEGI
  • EBI3I4 - MANAJEMEN USAHA BARU
  • EBI4J4 - VALIDASI MODEL BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini