Analisis Customer Experience Terhadap Kualitas Layanan Nasabah Bank XYZ Berdasarkan Review Online menggunakan Sentiment Analysis dan Latent Dirichlet Alokasi (LDA)

TITIS PRASTIWI

Informasi Dasar

198 kali
23.04.6237
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bank XYZ merupakan salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Peranan sektor perbankan dalam memajukan perekonomian negara sangat berpengaruh besar dengan seiring perkembangan zaman. Hampir seluruh sektor yang berhubungan dengan kegiatan keuangan selalu membutuhkan jasa bank. Dengan adanya persaingan sektor perbankan yang semakin ketat maka perlu setiap perusahaan untuk mempertahankan kualitas pelayanan. Untuk itu, Bank XYZ juga perlu mempertahankan kualitas pelayanannya untuk menciptakan loyalitas pelanggan. Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk melihat bagaiman feedback dari nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman nasabah terhadap kualitas pelayanan customer service Bank XYZ berdasarkan ulasan online pada twitter menggunakan analisis sentimen dan topic modeling. Resultan dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai evaluasi dan masukan bagi perusahaan ketika akan memformulasi strategi dalam bersaing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan memanfaatkan data ulasanulasan pada media sosial twitter. Data diolah menggunakan metode topic modeling untuk mengetahui topic yang sering dibicarakan dan juga classification text untuk mengukur kualitas pelayanan berdasarkan sentiment dimensi SERVQUAL. Kata Kunci : Twitter, Analisis Sentimen, Topic Modeling, Kualitas Pelayanan.

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
 

Katalog

Analisis Customer Experience Terhadap Kualitas Layanan Nasabah Bank XYZ Berdasarkan Review Online menggunakan Sentiment Analysis dan Latent Dirichlet Alokasi (LDA)
 
xi,61.:il.;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TITIS PRASTIWI
Perorangan
Mochamad Yudha Febrianta
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • SM231023 - MARKETING MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini