STRATEGI PENGEMBANGAN PLATFORM AL QURAN DIGITAL DI SYAAMIL GROUP

MUHAMMAD ZUHDAN AINUL IHSAN

Informasi Dasar

184 kali
23.05.215
658
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Penelitian ini fokus pada dampak serius penurunan penjualan Al Quran dan pendapatan yang dirasakan oleh Syaamil Group pada tahun 2022, akibat pandemi COVID-19. Syaamil Group sebagai industri penerbitan mengalami dampak dengan menurunnya penjualan eksemplar mushaf.

Faktor-faktor eksternal seperti kondisi industri penerbitan di Indonesia serta penurunan pendapatan penjualan di Syaamil Group menjadi dasar Syaamil Group dalam melakukan shifting ke industri digital. Tujuan penelitian adalah melakukan identifikasi permasalahan dan kondisi pasar serta menentukan langkah taktis dalam mengembangkan sebuah industri digital.

Metode Platform Innovation Kit edisi 5.0 Loop#1 Discover and Launch digunakan dalam menganalisis data relevan. Ekosistem platform melibatkan pihak supply side (Syaamil Group) dan demand side (muslim pria atau wanita Indonesia berusia 13-45 tahun), dengan platform berperan sebagai penghubung antara semua stakeholder. Pendekatan ini diharapkan memberikan solusi yang mendukung kebutuhan masyarakat terkait Platform Al Quran digital.

Hasil penelitian menyoroti empat elemen utama dalam platform business model, yaitu problem & solution, market behaviour, business concept, serta platform team. Perancangan platform business model menggunakan empat elemen itu, dimana Platform Al Quran Digital Syaamil menyoroti tiga segmen pengguna, yaitu consumer, producer, dan partner. Market behaviour menyoroti ekosistem yang ada di dalam platform yang mengacu kepada emerging needs, dimana platform Al Quran Digital Syaamil saat ini berfokus pada konten islami, kelas mengaji dan membaca Al Quran online, serta mushaf yang dapat dibawa kemana-mana. Secara business concept, platform Al Quran Digital menyoroti potensi pasar yang besar dengan menggunakan teknik monetisasi dengan menerapkan sistem subskripsi untuk biaya konten-konten premium. Dalam hal MVP, diharapkan value proposition dari Platform Al Quran Digital Syaamil mampu menjadi unique selling point dari platform dan menjadikan platform mampu bersaing dengan kompetitor yang lain.

Berdasarkan hasil pengolahan data di atas, penerapan platform business model untuk perancangan Platform Al Quran Digital Syaamil Group diharapkan mampu membawa dampak yang signifikan untuk mempercepat pertumbuhan Syaamil dalam menerapkan Platform Business Model di dalam implementasi bisnis platformnya.

 

Kata Kunci: Penurunan Penjualan Al Quran, Platform Business Model, Platform Innovation Kit 5.0th Edition Loop#1 Discovery and Launch , Syaamil Group.

Subjek

BUSINESS STRATEGY
 

Katalog

STRATEGI PENGEMBANGAN PLATFORM AL QURAN DIGITAL DI SYAAMIL GROUP
 
xi, 305p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ZUHDAN AINUL IHSAN
Perorangan
Dodie Tricahyono, Edi Witjara
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EMI1U2 - PLATFORM STRATEGY

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini