ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT KEBERLANJUTAN DIGITAL WALLET: STUDI PADA DIGICASH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DIMODIFIKASI UTAUT 2

RENDI HARYADI DHARMAWAN

Informasi Dasar

140 kali
23.05.239
658
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Seiring berjalannya waktu, dukungan teknologi informasi semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi internet yang semakin pesat. E-wallet, yang juga bisa disebut uang elektronik, merupakan salah satu aplikasi dari perkembangan internet yang semakin meningkat. Salah satu aktivitas penggunaan internet adalah transaksi Uang Elektronik melalui digital wallet (e-wallet). Pada tahun 2020, bank bjb meluncurkan layanan e-wallet, Digicash, memasuki industri ini. Namun, jumlah pengguna dan transaksi Digicash masih relatif rendah dibandingkan dengan kompetitornya seperti Gopay dan OVO. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat pengguna untuk melanjutkan penggunaan aplikasi Digicash untuk mengatasi masalah tersebut. Pendekatan teoritis yang digunakan adalah model UTAUT 2, yang dikembangkan oleh Venkatesh, Thong, dan Xu pada tahun 2012. Selain itu, penelitian ini memasukkan faktor-faktor tambahan seperti Price Saving Orientation, Trust, Perceived Security, dan Perceived Privacy untuk memodifikasi model UTAUT2. Pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner online melalui Google Forms kepada 464 responden yang berdomisili di Indonesia. Kuesioner terdiri dari 32 pertanyaan dari 8 konstruk. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan Software SmartPLS 4.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi continuance intention untuk menggunakan Digicash, diurutkan dari yang tertinggi hingga terendah, adalah Social Influence, Price Saving Orientation, Perceived Risk, Hedonic Motivation, Habit, dan Performance Expectancy. Kategori model dianggap 'baik' karena dapat memprediksi continuance intention konsumen terhadap layanan Digicash di Indonesia dengan nilai R2 sebesar 56%. Selain itu, variabel Age dimoderasi oleh Habit. Model ini dapat membantu manajemen bank bjb, pencipta Digicash, dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan dan mempertahankan continuance intention untuk menggunakan Digicash dengan memperhatikan faktor-faktor dan indikator yang teridentifikasi.

Kata Kunci: Modified UTAUT2, Digicash, Uang Elektronik

Subjek

DIGITAL MARKETING
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT KEBERLANJUTAN DIGITAL WALLET: STUDI PADA DIGICASH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DIMODIFIKASI UTAUT 2
 
ix,108.:il.;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RENDI HARYADI DHARMAWAN
Perorangan
Indrawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EMI1L2 - KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini