Media sosial merupakan platform atau wadah yang tepat untuk menyebarkan informasi secara cepat. Media sosial khususnya Tiktok menjadi trend di kalangan remaja dan dewasa. Kehadiran Tiktok di kalangan generasi Z membuat ruang privat seseorang menyatu dengan ruang publik. Terjadi pergeseran budaya dikalangan anak muda, anak muda tidak segan-segan mengunggah segala aktivitas pribadinya untuk disampaikan kepada teman atau followersnya melalui akun media sosial salah satunya Tiktok dalam membentuk sebuah sarana informasi. Penelitian ini mencoba menggali lebih dalam mengenai kegunaan Tiktok sebagai bentuk sarana informasi Gen Z dikalangan anak muda dengan menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah studi kasus pada akun Tiktok @vmuliana. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh konten kreator TikTok Vina Muliana (@vmuliana) terhadap keterampilan public speaking dalam hal memberikan informasi seputar dunia kerja sehingga berpengaruh besar terhadap pemikiran generasi Z yang baru menyelesaikan pendidikan. Hubungan konten TikTok Vina Muliana (@vmuliana) terhadap keterampilan public speaking dalam hal memberikan informasi seputar dunia kerja sehingga berpengaruh besar terhadap para pengikutnya dapat dikategorikan memiliki hubungan korelasi yang cukup.
Kata Kunci: Media Sosial, Tiktok, Public Speaking