Kunci Pintu Pintar Dengan Autentikasi Dua Faktor

INEZ WAHYU WIDHIANINGRUM

Informasi Dasar

13 kali
23.04.6334
006.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Internet  of  Things  (IoT)  semakin  berkembang  luas  dan menjadi  kebutuhan  penting  untuk  mengikuti  modernisasi.  Tuntutan  kebutuhan masyarakat dalam kemudahan akses internet yang semakin tinggi, dan kewaspadaan terhadap keamanan dapat diatasi dengan pemanfaatan IoT. Kebutuhan keamanan pada rumah sangat penting karena maraknya kasus perampokan ataupun pencurian. Penggunaan kunci konvensional memiliki resiko sangat tinggi dalam sistem keamanan rumah.

Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk membuat purwarupa kunci pintar digital yang berhubungan dengan Two Factor Authentication (2FA) yang bertujuan menambah keamanan dan kemudahan dalam mengendalikan kontrol pintu. Purwarupa yang dilakukan merupakan implementasi dari IoT.

Pada purwarupa, keamanan pintu menggunakan microcontroller Arduino UNO sebagai pengendali utama yang memiliki sistem autentikasi token yang disinkronisasikan dengan Google Authenticator. Kode  One Time Password (OTP) yang didapatkan kemudian dimasukkan ke Keypad Matrix 4x4. Ketika kode yang diinputkan benar, microcontroller akan memasukkan perintah pada Metal Oxide Field Effect Transistor (MOSFET) untuk menyalakan solenoid.

Purwarupa yang dirancang dikategorikan sebagai implementasi IoT dengan tujuan penggunaan pada pintu rumah tanpa menggunakan kunci untuk membuka maupun menutup pintu.

 

Kata Kunci: 2FA (Two Factor Authentication), Google Authenticator, Arduino UNO, One Time Password (OTP), Keypad Matrix 4x4, Internet of Things (IoT), Metal Oxide Semicondutor Field Effect Transistor (MOSFET)

Subjek

IOT
 

Katalog

Kunci Pintu Pintar Dengan Autentikasi Dua Faktor
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INEZ WAHYU WIDHIANINGRUM
Perorangan
Achmad Ali Muayyadi, Nyoman Bogi Aditya Karna
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini