Manajemen Krisis Public Relations Polda Jabar dalam Membangun Citra Positif melalui Media Massa

R. A SHOFYA SARTIKASARI WIDHARA

Informasi Dasar

326 kali
23.04.6391
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Polda Jabar mengalami krisis akibat terjadinya kasus penganiayaan oknum polisi terhadap anak tiri nya sendiri. Manajemen krisis merupakan upaya yang ditempuh dalam menghadapi krisis sekaligus berupaya mencegah meluasnya dampak yang ditimbulkan dari suatu peristiwa krisis dengan tujuan memperoleh kembali kepercayaan masyarakat. Dalam situasi krisis, peran public relations menjadi sangat penting karena mereka harus memiliki kemampuan untuk menjaga reputasi perusahaan saat menghadapi tantangan dari publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana manajemen krisis public relations (PR) yang diterapkan oleh Polda Jabar dalam membangun citra positif melalui media massa. Peneliti menggunakan teori manajemen krisis dari Coombs & Holladay dengan tiga subanalisis yaitu pre-crisis, crisis, dan post-crisis dalam menganalisis manajemen krisis PR Polda Jabar. Metode yang digunakan peneliti adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan identifikasi krisis yang dilakukan dengan koordinasi dari pihak polsek Cirebon dan penyelidikan oleh pihak PROPAM, Humas Polda Jabar juga melakukan pemantauan berita melalui media massa, analisis krisis dengan melakukan analisis terhadap pelaku dan juga melakukan visum terhadap korban, dilanjutkan dengan memberikan penjelasan kepada media secara transparan serta menjalankan peran media massa pada saat krisis, selanjutnya pada tahapan terakhir yaitu dengan melakukan kegiatan positif, bangun relasi dan hubungan baik serta membuat infografis aduan masyarakat berupa hotline dan juga aplikasi. Dengan tahapan manajemen krisis yang dilakukan Humas Polda Jabar kasus pencabulan oknum polisis terhadap anak tirinya dapat teratasi dengan baik.

Kata kunci: citra positif, media massa, manajemen krisis, public relations

Subjek

I MASS MEDIA
PUBLIC RELATIONS,

Katalog

Manajemen Krisis Public Relations Polda Jabar dalam Membangun Citra Positif melalui Media Massa
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

R. A SHOFYA SARTIKASARI WIDHARA
Perorangan
Slamet Parsono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Digital Public Relations
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • KHI4J4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini