Selama beberapa tahun terakhir, media sosial telah menjadi platform yang penting untuk mendapatkan informasi terkini dan berinteraksi secara daring. Twitter, sebagai salah satu platform yang sering digunakan saat pemilihan presiden (pilpres) di Indonesia sehingga menjadi tempat di mana masyarakat menyampaikan opini dan informasi. Dalam tweet text banyak ekspresi emosi yang di ungkapkan oleh pengguna, ada yang bersifat positif, negatif dan netral. Pada penelitian ini dilakukan analisis jenis konten dan lingkup emosional berdasarkan tagar yang berkaitan dengan salah satu calon presiden yaitu Anies Baswedan. Tahap pertama yang penting dilakukan adalah preprecessing, lalu dilakukan pendekatan TF-IDF dan pengelompokan menggunakan Agglomerative Hierarchical Clustering. Hasil yang didapatkan terdapat 10 kluster dengan pembahasan topik dan emosi yang berbeda yaitu ditemukan 5 kluster positif dengan memberikan dukungan. Di sisi lain, terdapat 2 kluster negatif yang mencerminkan kritik dan ketidaksetujuan terhadap calon tersebut dan 3 kluster bersifat netral yang mencerminkan tweet yang tidak jelas positif atau negatif. Informasi ini dapat membantu dalam pemahaman lebih lanjut tentang padangan dan sentiment terhadap calon dan isu pilpres 2024.