Tenaga pendidikan memiliki peran penting bagi sekolah, maka kinerja tenaga pendidikan harus terpantau perkembangannya dan selalu diadakan evaluasi secara rutin untuk menunjukkan performance yang semakin baik. Evaluasi kinerja tenaga pendidikan diharapkan dapat meningkatkan tingkat ketercapaian tenaga pendidikan dalam mengembangkan kompetensi profesional, kepribadian dan sosial, dan dapat memperbaiki kinerja tenaga pendidikan pada periode berikutnya.
Setelah melakukan wawancara SD Sains Al-Biruni memiliki permasalahan ketika melakukan evaluasi kinerja tenaga pendidikannya, seperti adanya waktu pelaksanaan yang tidak sesuai dengan jadwal kegiatan, hasil evaluasi kinerja yang tidak dapat disimpan dengan baik dan tidak terpusat ke dalam satu database, permasalahan lainnya pelaksanaan evaluasi kinerja belum memiliki fasilitas aplikasi untuk melakukannya. Dengan adanya perancangan dashboard ini kepala sekolah dapat melihat perkembangan kinerja tenaga pendidikan secara rutin dan mempermudah untuk mengevaluasi kinerja tenaga pendidikan.
Pemilihan metode waterfall memiliki alasan metode waterfall bekerja lebih baik pada perancangan sistem ini dibandingkan metode lainnya. Metode waterfall merupakan model pengembangan sistem yang dilakukan secara berurutan dan sangat sistematis. Pengerjaan pengembangan sistem menggunakan metode waterfall dapat dikerjakan secara individu maupun secara tim yang dibagi ke dalam keahlian masing-masing. Metode waterfall dapat digunakan untuk mengembangkan sistem dengan mengedepankan fitur terbaru.
Dashboard evaluasi kinerja tenaga pendidikan merupakan dashboard yang dirancang untuk mempermudah SD Sains Al-Biruni melakukan evaluasi kinerja tenaga pendidikannya. Dashboard ini dirancang dengan tujuan dapat digunakan untuk menjadi alat pemusatan data, penyimpanan