Augmented Reality adalah sistem untuk menyatukan sebuah object menjadi nyata. Augmeneted Reality (AR) juga ini juga merupakan sistem yang bisa bermanfaat bagi pendidikan untuk pembelajaran yang inofativ, kreatif dan bisa menampilkan gambar 2D menjadi objek secara 3D, sehingga dapat menyajikan objek menjadi lebih real.
Pada penelitian Tugas Akhir ini dibangun aplikasi yang bisa digunakan untuk sistem pembelajaran. Dalam pembuatan aplikasi pembelajaran dengan menggunakan teknologi marker dan marekerless sehingga dapat ditangkap oleh kamera di Android. Sistem akan membaca dan mengetahui bentuk objek 3D. Objek akan muncul dilayar pengguna android. Pada penelitian sebelumnya yang hanya menggunakan teknologi AR menggunakan marker. Disini ditambahkan teknologi AR markerless yang tidak menggunakan sebuah marker untuk membaca dan menampilkan sebuah objek 3D.
Untuk hasil pengujian, fungsi pada aplikasi berkerja dengan sangat baik. MOS yang diperoleh yaitu 4,5 pada aplikasi Augmented Reality untuk tampilan, nilai 5 pada aplikasi Augmented Reality untuk fungsi dan MOS 4,525 manfaat pada aplikasi Augmented Reality. Sistem mampu mengeluarkan objek keluaran dengan sempurna. Perekaman marker oleh sistem dapat dilakukan pada jarak 10 – 100 cm untuk ukuran marker 15 x 10 cm dalam keadaan yang terang membuat proses tracking menjadi lebih optimal, dalam keadaan cahaya yang gelap sistem tidak dapat membaca marker. Untuk sudut yang dapat membaca marker yang baik menunjukan 0? sampai 45?. Aplikasi Augmented Reality dapat bekerja dengan baik pada smartphone android. Pengujian delay pada cahaya terang menghasilkan nila keseluruhan delay terkecil pada sudut 0° dan jarak 30 cm adalah dengan nilai 0.59 s. Untuk kondisi cahay yang redup delay yang didadapt dengan nilai paling kecil adalah pada sudut 0° dan jarak 30 cm dengan nilai 0.65 s.