Pandemi COVID-19 seakan mematikan UMKM di Indonesia pada tahun 2020 hingga 2021. UMKM
sekaan dipaksa untuk memutar otak guna memepertahankan eksistensinya. Salah satu UMKM yang
sedang bertahan yaitu Gemes Juice. Gemes Juice mencari cara untuk mempromosikan produknya
melalui media sosial dan aplikasi food delivery. Namun, meskipun menggunakan aplikasi food delivery
dapat membantu memperluas jangkauan pasar, Gemes Juice tidak memiliki akses ke data pelanggan
yang dapat digunakan untuk keperluan pemasaran, manajemen pelanggan, dan pembentukan
komunitas pelanggan khusus. Hal ini membuat penulis terinspirasi membuat aplikasi pemesanan online
berbasis android untuk digunakan transaksi penjualan. Pengujian aplikasi android dilakukan dengan
metode Blackbox Testing untuk kebutuhan sistem dan User Experience Questionnaire untuk
kenyamanan pengguna. Metode yang digunakan adalah motode waterfall. Hasil dari penelitian ini
adalah terciptanya aplikasi pemesanan produk secara online. Aplikasi yang dibuat mampu terintegrasi
memenuhi kebutuhan seperti mengelola data produk, data pelanggan, data outlet dan data transaksi
penjualan.