XGracias adalah salah satu aplikasi milik Yayasan Pendidikan Telkom yang berfungsi sebagai media
informasi antara institusi dengan mahasiswa. Khususnya di Institut Teknologi Telkom Surabaya,
XGracias digunakan secara luas dalam kegiatan absensi serta pengecekan informasi seperti jadwal mata
kuliah. Namun, masih banyak masalah yang kerap ditemui oleh pengguna aplikasi XGracias. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi pada aspek User Experience serta pemodelan ulang
User Interface dari aplikasi XGracias. Lingkup penelitian ini terbatas hanya kepada Institut Teknologi
Telkom Surabaya secara hanya institusi tersebut yang menggunakan aplikasi ini secara meluas.
Penggalian data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara terhadap pengguna dan pengembang
aplikasi. Peneliti menggunakan metode Design Thinking untuk melakukan pemodelan ulang dari
aplikasi XGracias. Luaran yang dihasilkan dari metode ini adalah Emphaty Map, User Flow, User
Journey Map, User Flow, Sitemap, Low – Fidelity Wireframe, dan High – Fidelity Wireframe yang
dihasilkan dari lima tahapan utama dari Design Thinking yaitu Emphatize, Define, Ideate, Prototype,
dan Test. Untuk pengujian pada tahap akhir Design Thinking yaitu Test, dipakai metode Maze Usability
Testing dengan parameter utama Screen Usability Score (SCUS), Mission Usability Score (MIUS),
Maze Usability Score (MAUS). Pengujian ini juga dilakukan terhadap aplikasi sebelum dilakukan
pemodelan ulang. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah perbaikan atau rekomendasi desain aplikasi
XGracias yang dapat membantu pengguna dalam aktivitas perkuliahannya secara efektif dan efisien.
Penelitian ini telah mengukur aplikasi XGracias dengan nilai awal sebelum dilakukan pemodelan ulang
sebesar 76.7 poin yang kemudian melalui dua iterasi pemodelan ulang dengan skor pada iterasi pertama
sebesar 86.9 poin dan iterasi kedua dengan hasil akhir 97.4 poin. Hasil akhir ini telah melampaui skor
minimal 80.0 poin untuk dianggap sebagai desain produk yang baik sesuai standar dari Maze. Hasil
akhir ini sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan rekomendasi perbaikan berdasarkan data
yang telah didapatkan dengan proses Maze Usability Testing dan pemodelan ulang yang telah
diwujudkan dengan proses Design Thinking
Kata Kunci: XGracias, User Experience, User Interface, Design Thinking, Maze Usability
Testing