KLASTERISASI PENJUALAN PRODUK BAYI ORGANIK ABATA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS

ANNISA AULIA ARAFAH

Informasi Dasar

116 kali
ITTS.0823000025
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk membantu Abata Bendul, sebuah merek barang MPASI di Surabaya, serta untuk memaksimalkan manajemen stok mereka. Dalam hal ini, menjaga stok barang agar tidak kosong merupakan salah satu cara untuk mempertahankan kepuasan pelanggan. Untuk mencapai hal tersebut, penjual perlu menganalisis data penjualan untuk mengetahui produk mana yang memberikan laba tinggi dan penjualan tinggi serta produk mana yang memberikan laba rendah dan penjualan rendah. Dalam penelitian ini, masalah tersebut dapat diselesaikan menggunakan algoritma K-means Clustering, salah satu teknik dalam data mining. Penelitian ini fokus pada pengelompokan data penjualan barang Abata Bendul menggunakan variabel-variabel seperti nama barang, laba, banyaknya transaksi, dan jumlah produk yang terjual dalam periode tertentu. Data ini kemudian diolah dengan menggunakan perhitungan manual menggunakan algoritma K-means dan ditampilkan pada aplikasi berbasis website. Hasil akhir penelitian ini adalah empat kelompok (cluster) yang terbentuk, dengan 1 produk laris dan menguntungkan, 8 produk laris namun tidak menguntungkan, 9 produk tidak laris namun menguntungkan, dan 12 produk tidak laris dan tidak menguntungkan. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh manajemen Abata Bendul untuk meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran dan mengoptimalkan hasil penjualan.

Kata Kunci: Data mining, K-means, Pengelompokkan.

Subjek

TEKNOLOGI INFORMASI
TA

Katalog

KLASTERISASI PENJUALAN PRODUK BAYI ORGANIK ABATA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS
TA/FTIB.06.2023/31 ARA k
76p
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

ANNISA AULIA ARAFAH
Perorangan
 
 

Penerbit

ITTS
Surabaya
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini