Sinar Cell merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang jasa servis
handphone. Sistem penyampaian informasi mengenai perbaikan handphone masih
menggunakan cara konvensional, yaitu dengan konsumen datang langsung ke toko
atau menanyakan melalui telepon. Hal ini menjadikan pelayanan kurang cepat dan
efektif dalam memberikan informasi keadaan handphone ke konsumen, sehingga
perlu adanya sistem yang terintegrasi untuk memudahkan komunikasi antara
konsumen agar keadaan handphone dapat diketahui secara langsung. Selain itu,
pencatatan transaksi servis yang masih bergantung pada nota fisik juga menjadi
masalah, karena data tersebut rawan hilang atau rusak, menyebabkan kesulitan bagi
teknisi dalam mengingat servis yang telah lalu.
Agar kondisi tersebut dapat diselesaikan, maka diperlukan sebuah sistem
informasi berbasis website agar memberikan kemudahan bagi konsumen untuk
memperoleh informasi langsung mengenai perbaikan yang dilakukan sehingga
dapat meningkatkan pelayanan terhadap konsumen dan memudahkan dalam
pengelolaan servis. Dalam upaya ini sistem informasi dikembangkan dengan
menggunakan bahasa pemrograman PHP, serta mengadopsi Laravel sebagai
framework dan metode pengembangan menggunakan pendekatan waterfall.
Hasil dari implementasi telah berhasil memberikan pengalaman pengguna
yang positif dan memuaskan. Memperoleh hasil Pragmatic Quality sebesar 1.833
dan Hedonic Quality sebesar 2.208 bagi teknisi, di sisi lain pengujian terhadap
konsumen menghasilkan Pragmatic Quality sebesar 2.385 dan Hedonic Quality
sebesar 2.308 menunjukkan sistem memberikan kemudahan konsumen dalam
memantau perbaikan handphone dan memenuhi kebutuhan teknisi dalam
mengelola servis. Kesimpulan ini didapatkan dari pengujian penggunaan pada
teknisi dan konsumen menggunakan pengujian Short UEQ (User Experience
Questionnaire).
Kata Kunci: Servis, Handphone, Pemantauan Pelayanan, Website, Waterfall