Sumber daya manusia harus menjadi aset yang berharga dan penting untuk
mendukung rencana perusahaan. Evaluasi kinerja adalah proses menilai seberapa baik
karyawan melakukan tugasnya dibandingkan dengan standar, kemudian
menginformasikan hasilnya kepada mereka. Saat ini ITTS Coffee belum memiliki
sistem penilaian untuk mengukur kinerja karyawannya. Tujuan dilakukannya
penelitian ini adalah untuk melakukan perancangan Key Performance Indicator (KPI)
bagi ITTS Coffee. Metode yang digunakan dalam melakukan perancangan sistem
penilaian kinerja adalah Balanced Scorecard, karena metode ini melakukan
pengukuran dengan empat perspektif yaitu financial, customer, internal business
process, dan learning and growth. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah 7
key performance indicator. Perspektif financial terdiri dari dua indikator yaitu
meningkatkan profit dengan nilai 2.7 dan meningkatkan efisiensi biaya dengan nilai
2.5, perspektif customer terdiri dari dua indikator yaitu peningkatan jumlah customer
royal dengan nilai 2.6 dan mengurangi jumlah keluhan dengan nilai 2.5, perspektif
internal business process terdiri dari satu indikator yaitu meningkatkan jumlah
produksi dengan nilai 2.5, dan perspektif learning and growth terdiri dari dua indikator
yaitu reward bagi karyawan dengan nilai 2.6 dan pelatihan bagi karyawan dengan nilai
2.5.
Kata Kunci : Balanced Scorecard, Key Performance Indicator, Kinerja Karyawan.