Pemerintah Indonesia sedang mengimplementasikan program pembelajaran kewirausahaan untuk pelajar sebagai bagian dari upaya memajukan kewirausahaan di negara ini. Salah satu aspek penting dari pendidikan kewirausahaan adalah di perguruan tinggi, di mana beragam program studi ditawarkan, termasuk program Administrasi Bisnis di Telkom University. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memahami bagaimana efikasi diri dan nilai budaya mempengaruhi motivasi mahasiswa dalam bidang administrasi bisnis Telkom University untuk berwirausaha.
Metode penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Forms kepada sampel mahasiswa administrasi bisnis Telkom University. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) dan analisis statistik deskriptif menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4.0.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel nilai budaya mahasiswa administrasi bisnis (X1), efikasi diri (X2), dan minat berwirausaha (Y) semuanya berada dalam kategori baik, dengan nilai persentase masingmasing sebesar 82,91%, 83,73%, dan 83,66%. Temuan penelitian menunjukkan bahwa minat berwirausaha (Y) dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kedua variabel nilai budaya (X1) dan efikasi diri (X2).