Industri Textile di Indonesia adalah salah satu penghasil komoditas ekspor
nonmigas terbesar Indonesia, industri ini mendorong meningkatnya ketersediaan
lapangan kerja di Indonesia. Citra Mode Textile merupakan salah satu pelaku bisnis
di bidang kain textile yang ada di Surabaya. Citra Mode Textile menyediakan
penjualan berbagai macam kain batik yang khas dari Provinsi Jawa Timur sendiri
maupun yang berasal dari luar Provinsi Jawa Timur. Oleh karena itu, untuk
meningkatkan penjualan dari Citra Mode Textile.Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara terhadap Citra Mode
Textile di Kota Surabaya untuk merumuskan faktor eksternal (peluang dan
ancaman) dan faktor internal (kekuatan dan kelemahan) Citra Mode Textile .
Kemudian melakukan perumusan strategi melalui tiga tahap, yaitu tahap input
menggunakan matriks EFE (External Factor Evaluation) dan IFE (Internal Factor
Evaluation), tahap pencocokan menggunakan matriks SWOT (Strength-Weakness-
Opportunity- Threats) dan IE (Internal-External) dan tahap keputusan
menggunakan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) melalui
HOQ (House Of Quality).
Kata kunci: Produk Textile,SWOT, QSPM,