DIGITAL MARKETING STRATEGY EKOWISATA MANGROVE MENUJU SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDG) 8.3 (STUDI KASUS TAMAN NASIONAL RAWA AOPA WATUMOHAI SULAWESI TENGGARA) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

SALMIYA ISMAIL SALAM

Informasi Dasar

24.05.028
658.872
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Digital marketing berperan sebagai media promosi untuk meningkatkan kesadaran akan keberadaan TNRAW sebagai destinasi wisata yang menarik, serta mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sekitar kawasan TNRAW melalui promosi online.

Tujuan dari penelitin ini yaitu menganalisis lingkungan eksternal yang meliputi peluang (opportunities) dan tantangan (threats) mengenai digital Marketing Strategy Ekowisata Mangrove Menuju SDGS 8.3 pada Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Sulawesi Tenggara dan menganalisis hasil lingkungan internal meliputi kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) mengenai digital Marketing Strategy Ekowisata Mangrove Menuju SDGS 13 pada Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Sulawesi Tenggara. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan analisis SWOT dengan 6 informan.

Hasil penelitian ini menunjukan kekuatan yaitu Balai mendukung dengan berbagai kegiatan pelatihan dan pengembangan kapasitas pengusaha lokal sekitar Balai Taman Wisata Rawa Aopa Watumohai ditambah dengan antusiasnya masyarakat lokal untuk mau berwirasuaha hal ini menjadi keterkaitan antara SDG 8.3 dengan TNWR. Kelemahan yaitu perlu adanya peningkatan jumlah sarana dan prasarana wisata serta sarana transportasi dan telekomunikasi umum untuk memfasilitasi akses wisatawan dan jaringan internet serta keterlibatan masyarakat setempat masih perlu ditingkatkan dalam pengembangan program ekowisata dan dalam menjaga kelestarian alam sekitar. Peluang yaitu media sosial dapat dimanfaatkan secara optimal dalam promosi lokasi atau objek wisata untuk menarik minat wisatawan. Kesadaran akan pentingnya lingkungan dan keberlanjutan pariwisata dapat meningkatkan partisipasi masyarakat setempat dalam mengembangkan inovasi produk wisata. Ancaman yaitu persaingan dengan destinasi wisata lain yang memiliki strategi promosi yang serupa dapat mengurangi jumlah kunjungan wisatawan. Perubahan iklim dan ancaman terhadap keberagaman spesies di TNRAW menuntut perencanaan pengelolaan yang lebih baik.

Keterbaruan dari studi ini adalah aspek kajian digital marketing pada konteks ekowisata yang dikaitkan dengan SDG 8.3 dengan analisis SWOT, temuan ini memberikan paradigma baru mengenai keterkaitkan antara digital marketing dengan tujuan pembangunan berkelanjutan 8.3.

Kata Kunci: Digital marketing, Ekowisata SDG 8.3

Subjek

DIGITAL MARKETING
ONLINE MARKETING,

Katalog

DIGITAL MARKETING STRATEGY EKOWISATA MANGROVE MENUJU SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDG) 8.3 (STUDI KASUS TAMAN NASIONAL RAWA AOPA WATUMOHAI SULAWESI TENGGARA) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALMIYA ISMAIL SALAM
Perorangan
Ratna L. Nugroho
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EMI2H6 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini