FAKTOR PENDORONG NIAT PEMBELIAN KONSUMEN PADA APLIKASI PESAN-ANTAR MAKANAN DI INDONESIA: PERLUASAN MODEL ADOPSI INFORMASI - Dalam bentuk buku karya ilmiah

KEZIA AYU BRILLIANY

Informasi Dasar

352 kali
24.05.038
658.81
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Pasar aplikasi pesan-antar makanan di Indonesia sedang berada pada posisi yang menjanjikan semenjak pandemi COVID-19. Data terbaru menyebutkan sebanyak 19,85 juta penduduk di Indonesia melakukan pembelian pada aplikasi pesan-antar makanan. GoFood, anak perusahaan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, merupakan aplikasi buatan Indonesia menempati urutan pertama sebagai aplikasi pesan-antar makanan dengan GMV (Gross Merchandise Value) terbesar di Asia Tenggara. Akan tetapi saat ini GoFood sedang memasuki fase stagnansi dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, diukur dari besarnya GMV yang hanya bertahan pada angka US$ 2 miliar. Aplikasi pesan-antar makanan dianggap sebagai saluran komunikasi persuasif antar pedagang dan konsumen, sehingga harus diimbangi dengan strategi komunikasi pemasaran yang sesuai. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Information Quantity, Information Consistency, Information Usefulnes, Information Adoption terhadap Purchase Intention pada aplikasi pesan-antar makanan GoFood menggunakan perluasan Information Adoption Model. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis kausal dan deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 400 responden. Penelitian ini menggunakan alat analisis data Structural Equation Modeling (SEM) dengan software statistik SmartPLS 3.2.9. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa adanya hubungan positif dan signifikan dari adopsi informasi terhadap minat pembelian konsumen. Selain itu juga terdapat pengaruh tidak langsung spesifik antara Information Quantity, Information Credibility, Information Quality, Information Usefulness, dan Information Consistency terhadap minat pembelian konsumen, diurutkan dari yang memiliki pengaruh paling besar. Model Adopsi Informasi dalam penelitian ini mampu memprediksi niat pembelian konsumen GoFood sebesar 25,5%. Dari hasil penelitian tersebut, GoFood dapat: (1) melakukan pendekatan multidimensional seperti memperjelas informasi; (2) menyediakan informasi yang berisi pengetahuan profesional, berguna, dan pengalaman pengguna lainnya; (3) memfasilitasi pembentukan interaksi konsumen-ke-konsumen (C2C) melalui berbagai forum online; dan (4) mengembangkan sistem yang memfasilitasi penyebaran umpan balik positif dari sumber online.

Kata Kunci: COVID-19; Indonesia; Information Adoption Model; niat pembelian; pesan-antar makanan

Subjek

DIGITAL MARKETING
ONLINE MARKETING,

Katalog

FAKTOR PENDORONG NIAT PEMBELIAN KONSUMEN PADA APLIKASI PESAN-ANTAR MAKANAN DI INDONESIA: PERLUASAN MODEL ADOPSI INFORMASI - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KEZIA AYU BRILLIANY
Perorangan
Indrawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini