Perkembangan teknologi keuangan (fintech) semakin meluas di era digital saat ini dan telah memberikan dampak yang signifikan pada industri perbankan, terutama melalui aplikasi seperti DANA. Faktor-faktor seperti gaya hidup, perilaku konsumen, dan literasi keuangan juga turut memengaruhi tingkat loyalitas pelanggan terhadap aplikasi DANA. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana interaksi antara lifestyle terhadap customer loyalty dengan variabel customer behavior dan financial literacy sebagai mediasi pada pengguna aplikasi DANA generasi Z.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu pengguna aplikasi DANA generasi Z dengan rentang usia 10 – 25 tahun. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS), untuk mendapatkan data ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan hasil sampel yang digunakan sebanyak 120 responden.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh secara signifikan dari lifestyle terhadap customer behavior, lifestyle terhadap financial literacy, lifestyle terhadap customer loyalty, customer behavior terhadap customer loyalty dan financial literacy terhadap customer loyalty. Selain itu, didapatkan hasil bahwa customer behavior secara signifikan menjadi mediasi hubungan antara lifestyle terhadap customer loyalty dan financial literacy secara signifikan menjadi mediasi hubungan antara lifestyle terhadap customer loyalty.
Kata Kunci: Teknologi keuangan, Gaya Hidup, Loyalitas Pelanggan, Perilaku Konsumen, literasi keuangan.