STRATEGI PEMASARAN PRODUK BATIK MELALUI EVENT MARKETING DENGAN PENDEKATAN DESAIN (Studi Kasus: Hasan Batik Bandung) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

IRFAN AZHARI

Informasi Dasar

226 kali
24.05.105
658.84
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Pameran dagang menjadi salah-satu tempat bagi para industri batik untuk memperkenalkan dan memasarkan produk dan merek seperti halnya yang dilakukan oleh Hasan Batik Bandung. Hasan Batik Bandung dikenal sebagai pelopor industri batik di Bandung serta memiliki ciri khas motif batik geometris dan tambal. Namun, keunggulan dan ciri khas tersebut masih belum ditampilkan pada pameran dagang sehingga mengurangi daya tarik dan minat pengunjung terhadap produk batik dan merek Hasan Batik Bandung. Selain itu, adanya persaingan kompetitif dari para industri batik yang sadar akan pentingnya menampilkan citra produk dan merek pada pameran dagang. Penelitian ini menggunakan pendekatan desain, melalui pengumpulan data wawancara, kuesioner, studi literatur, dan observasi serta dokumentasi terhadap pameran dagang yang dilakukan oleh Hasan Batik Bandung di INACRAFT 2023. Analisis data menggunakan analisis AIDA, analisis matriks perbandingan, dan analisis matriks penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pentingnya desain booth pameran menarik yang memperhatikan aspek kelengkapan informasi dan kenyaman di dalam booth dengan tetap menghadirkan keunggulan dan ciri khas dari Hasan Batik Bandung sehingga pengunjung dapat menyadari akan produk dan merek yang ditawarkan. Penelitian ini difokuskan menjadi rekomendasi desain booth pameran beserta elemen-elemennya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu Hasan Batik Bandung dalam memasarkan dan mengenalkan produk batiknya melalui pameran dagang agar dapat meningkatkan kesadaran pengunjung dan memperluas jangkauan target pasar. 
 

Subjek

DESAIN
STRATEGY MARKETING,

Katalog

STRATEGI PEMASARAN PRODUK BATIK MELALUI EVENT MARKETING DENGAN PENDEKATAN DESAIN (Studi Kasus: Hasan Batik Bandung) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IRFAN AZHARI
Perorangan
Didit Widiatmoko Suwardikun, Wirania Swasty
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Desain
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • DMI2D6 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini