PT.Jatisari Makmur Bersama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Real Estate
yang berletak di kota Mojokerto. Dan sudah bergerak selama 2 tahun lebih pada bidang
pembangunan. Perusahaan tentu memerlukan strategi pemasaran yang baik dan juga unik,
karena banyak competitor lain yang sama-sama melakukan pemasaran dengan strategi mereka
masing-masing, di dalam perusahaan ini peneliti menemukan permasalahan di dalam bidang
pemasaranya yaitu kurangnya tenaga pemasaran dan karyawan perusahaan kurang menguasai
bidang IT khususnya pemasaran jadi menghambat proses pemasaran dari suatu produk
perumahan. Di Perusahaan juga belum melaksanakan tata Kelola yang sudah di bikin oleh
pemilik Perusahaan dan masih menggunakan system lama.Sedangkan saat ini sudah banyak
platform untuk menjual suatu produk ataupun jasa seperti (Instagram ads, Facebook ads dan
lain-lain). Dan juga sekarang tersedia aplikasi juga untuk memasarkan produk seperti (Olx,
Lamudi, Rumah 123, dan lain-lain), sehingga dibutuhkan perencaan supaya perusahaan
tersebut bisa melakukan pemasaran dengan baik dan benar untuk menarik konsumen. Metode
yang peneliti gunakan untuk mengalisis perencanaan pemasaran perusahaan mengunakan
COBIT 5 Domain EDM dimana terdapat 4point penting pada domain tersebut yaitu (Direct
the governance system, Direct value optimization, Direct resource management) dan juga
melakukan pengumpulan data berupa observasi, maupun penelitian. Hasil dari perencanaan
tata Kelola teknologi informasi ini berupa rekomendasi untuk pencapaian capability level
rekomendasi ini didapatkan dari output work product yang mencakup Domain EDM yang
memastikan memiliki kerangka tata Kelola, manfaat TI yang menunjang bisnis, optimalisasi
sumber daya dan trasnparansi stakeholder.
Kata Kunci: COBIT 5, EDM, Media Social, Pemasaran, Tata Kelola